Politik Pemerintahan

Gus Muhdlor-Subandi Unggul di Survei Versi Alvara Research Center

Sidoarjo (beritajatim.com) – Memasuki masa tenang Pilkada Sidoarjo 2020, elektabilitas (tingkat keterpilihan) Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo Nomor 2, H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor)-H. Subandi, masih unggul dibanding dua paslon lainnya.

Berdasarkan survei yang dilakukan Alvara Research Center. Survei yang dilakukan sejak 26 hingga 3 Desember 2020 dengan metode kuantitatif melalui wawancara tatap muka dengan metode multistage random sampling.

“Alvara melakukan survei dengan metode kuantitatif melalui wawancara tatap muka. Dari 452 responden yang dijadikan sampling di seluruh kecamatan di Sidoarjo. Margin error sebesar 4,7% dengan Tingkat Interval Kepercayaan 95%,” kata Founder & CEO Alvara Research Center Hasanuddin dalam rilis yang diterima beritajatim.com Minggu (6/12/2020).


Pada aspek elektabilitas (keterpilihan) jika Pilkada dilakukan hari ini, maka diperoleh hasil sebagai berikut. Paslon Nomor 1 Bambang Haryo Soekartono-M. Taufiqulbar elektabilitasnya memperoleh 25,9 %.

Paslon Nomor 2 H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor)-H. Subandi, elektabilitasnya mendapat 36,6%. Sedangkan Paslon Nomor 3 Kelana Aprilianto-Dwi Astutik elektabilitasnya sampai 15,5 %. “Sedangkan untuk pemilih yang belum menentukan pilihan, sebanyak 22 %,” rincinya.

Sambung Hasanuddin yang juga alumni Statistika ITS mengatakan di Sidoarjo, jika pelaksanaan Pilkada 2020 dilakukan hari ini, pasangan Ahmad Muhdlor Ali (Gus Mujdlor)-H. Subandi akan memenangkan Pilkada 2020. “Karena memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan pasangan lainnya,” tambah peneliti yang sudah belasan tahun menekuni riset tersebut.

Meskipun swing voters cukup tinggi tapi potensi H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor) – H. Subandi bisa disusul paslon lain cukup berat. Karena selisihnya jauh diatas margin error, bahkan menyentuh double digit, kecuali apabila terjadi hal-hal luar biasa di beberapa hari kedepan. “Tetapi bagaimanapun juga hasil akhir ditentukan pada proses pemilihan pada 9 Desember 2020 nanti,” tegasnya. (isa/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Pizza Meat Lover Menu Berbuka Favorit Anak

Resep Rawon Iga Lunak Cocok untuk Berbuka

Pameran Lukisan Anak Berkebutuhan Khusus

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk