Politik Pemerintahan

Gus Hans Imbau Semua Pihak Bersikap Bijak

Zahrul Azhar As'ad

Jombang (beritajatim.com) – Salah satu akademisi dan ulama muda asal Jombang Zahrul Azhar As’ad atau Gus Hans mengimbau ke semua pihak agar menyikap kondisi politik akhir-akhir ini dengan bijak. Salah satunya dengan memberikan waktu untuk penyelenggara pemilu (KPU) menyelesaikan tugasnya.

“Kedua belah pihak, baik pendukung 01 maupun 02 akan lebih baik mengikuti dan awasi dalam prosesnya hingga akhir. Kita berikan kesempatan KPU untuk menyelesaikan tugasnya,” ujar salah satu pengasuh PPDU (Pondok Pesantren Darul Ulum) Jombang ini, Selasa (23/4/2019).

Gus Hans menjelaskan, KPU (Komisi Pemilihan Umum) adalah produk dari DPR yang terdiri dari rekomendasi semua partai, baik yang berada di paslon 01 dan 02. Oleh sebab itu, pihaknya meminta semua pihak mewaspadai upaya mendelegitimasi KPU yang ujungnya mengarah pada ketidak-percayaan publik terhadap hasil dari ikhtiar demokrasi di Indoenesia ini.

Gerakan antidemokrasi, lanjut Gus Hans, adalah virus yang bisa menyebar dimana saja dan akan mudah hinggap dalam tubuh yang rentan atau kurang sehat. “Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf, Pak Prabowo dan Pak Sandiaga, adalah orang-orang terbaik bangsa yang kita miliki, ke-empatnya saya yakin adalah sangat cinta NKRI,” ujarnya.

Namun demikian, menurut Gus Hans, yang perlu diwaspadai adalah para free rider (penumpang gelap) yang ingin mengambil momentum ini untuk menyebarkan nilai-nilai anti-demokrasi. Mereka memiliki agenda yang cukup membahayakan keberlangsungan berbangsa dan bernegara.

“Jika menang mereka akan memaksa memasukkan nilai-nilai anti-demokrasi dengan membawa mazhab politik baru. Jika kalah mereka akan mengopinikan bahwa KPU curang dan meyakinkan kepada publik demokrasi ternyata tidak membuat bangsa ini maju,” ujar Gus Hans.

Disinggung soal hasil hitung cepat atau quick count, Gus Hans juga mengajak semua pihak untuk menghargai quick count sebatas hasil ilmu pengetahuan. “Walau biasanya hasil quick count tidak jauh beda dengan real count. Tapi kita harus berpegangan pada hasil dari KPU,” ujarnya. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar