Politik Pemerintahan

Pilbup Malang 2020

Gus Hamim: Menang dan Kalah dalam Pilkada Takdir Maha Kuasa

Pondok Pesantren (Ponpes) Radlatul Ulum II Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, KH Hamim Kholili

Malang (beritajatim.com) – Rabu 9 Desember 2020 esok menjadi  penentuan pesta demokrasi lima tahunan di Kabupaten Malang. Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Radlatul Ulum II Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, KH Hamim Kholili berharap, semua pihak dapat menerima hasil yang telah diputuskan oleh rakyat Kabupaten Malang.

Karena rakyatlah yang punya hak otoritas menentukan pilihannya sesuai ijtihad politik dan hati nuraninya. Apapun yang dilakukan Paslon dan timnya, hanya sebagai bentuk usaha semata dan takdir Tuhan menentukan.

Menurut Gus Hamim, pada hari pencoblosan akan tampak secara jelas paslon yang kalah dan menang dalam pemilihan. Maka bagi pemenang harus bersyukur atas hasil yang diraih, sedangkan bagi yang kalah tetap harus bersabar.

Kekalahan bagi politisi, lanjut Gus Hamim, menjadi hal yang biasa karena memang tidak akan ada istilah menang bersama.

Sedangkan bagi pemenang Pilkada, harus bersyukur yang sebenar-benarnya dengan ucapan terima kasih pada semua orang, mengakui kerja keras dan jerih payah orang-orang yang membantunya.

“Yang paling utama mewujudkannya dalam tindakan nyata untuk masyarakat apa yang telah dijanjikan semasa kampanye dan menjadi visi misinya,” tegas Gus Hamim, Selasa (8/12/2020).

Bagi yang kalah, Gus Hamim berpesan harus tetap menanamkan rass bersabar walaupun kesabaran itu, sulit dilakakuan. Karena artinya legowo dan nerimo atas kekalahan yang terjadi,  menjadi bentuk kekalahan yang akan berbuah kemenangan dalam bentuk yang lain.

“Berbeda saat kekalahan ditanggapi secara emosi, apalagi dengan melakukan provokasi yang berpotensi menimbulkan kerusuhan, akan menjadi sikap yang tidak bijak karena akan mengorbankan masyarakat bawah yang tidak begitu memahami apa yang sebenarnya terjadi apalagi di masa pendemi ini,” Gus Hamim mengakhiri.(yog/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar