Politik Pemerintahan

Gus Firjaun: Rumah Ibadah Harus Sediakan Akses Bagi Kaum Difabel

Jember (beritajatim.com) – Muhammad Balya Firjaun Barlaman, calon wakil bupati pendamping Hendy Siswanto, mengakui masih kurangnya akses bagi kaum difabel di rumah-rumah ibadah di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

“Akses di tempat-tempat layanan publik bagi kaum disabilitas masih belum terpenuhi, termasuk di masjid. Masih dirasakan banyak kesulitan. Ini tidak boleh terjadi,” kata Firjaun, usai acara dialog forum disabilitas berkomunikasi yang digelar National Paralympic Committee Indonesia, di Hotel Meotel, Selasa (13/10/2020) malam.

Menurut Firjaun, peraturan daerah soal difabel yang dimiliki Kabupaten Jember sebenarnya sudah cukup mengakomodasi kepentingan mereka jika diimplementasikan. “Kami yakin, akan bertahap mengangkat saudara-saudara penyandang disabilitas untuk menuju kesetaraan hak dan kesetaraan fasilitas untuk seluruh warga Kabupaten Jember,” katanya.

Jika terpilih menjadi wakil bupati, Firjaun berjanji akan membuat aturan agar setiap rumah ibadah yang hendak dibangun harus menyediakan akses penyandang disabilitas. “Untuk yang sudah ada (terlanjur dibangun), manakala ada kemampuan pengurus masjid untuk mengubahnya, terutama masjid-masjid besar, kami akan imbau untuk diperbaiki. Kami akan bantu biayanya. Terutama di sekitar tempat tinggal kawan-kawan (penyandang disabilitas), kami upayakan agar mudah dijangkau,” katanya. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar