Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Gus Fahrur Klaim 28 Wilayah NU se-Indonesia Dukung Gus Yahya di Muktamar

Wakil ketua Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Jatim Ahmad Fahrur Rozi alias Gus Fahrur.

Malang(beritajatim.com) – Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) akan menggelar muktamar ke 34 di Lampung, pada 23-25 Desember 2021 mendatang. Agenda besarnya adalah pemilihan Rais Aam dan Ketua Umum PBNU.

Sejauh ini dua nama bakal memperebutkan posisi ketua umum. Yakni petahana Kiai Said Aqil Siraj dan Kiai Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya. Jawa Timur telah mendeklarasikan dukungannya kepada duet Kiai Miftachul Akhyar sebagai Rais Aam dan Kiai Yahya Cholil Staquf sebagai ketua umum PBNU.

Wakil ketua Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Jatim Ahmad Fahrur Rozi alias Gus Fahrur telah mengklaim 28 wilayah NU se-Indonesia telah sepakat mendukung Gus Yahya. Dukungan ini datang secara lisan pada Munas PBNU di Jakarta, September 2021 kemarin.

“Kita ketemu sekitar 28 wilayah (PWNU) dan mendengar bahwa mereka semuanya ke Gus Yahya karena pemilik suara itu adalah cabang dan wilayah. Di Munas itu kami ketemu dan semua orang setuju adanya perubahan, ada kaderisasi. Nama yang tersedia hanya Gus Yahya yang bersedia dan siap diri,” ujar Gus Fahrur, Kamis, (14/10/2021).

Ketua Ikatan Gus Gus Indonesia (IGGI) itu mengungkapkan, dalam pertemuan itu dihadiri secara langsung oleh Gus Yahya. Saat itu tidak calon lain, hanya Gus Yahya yang bersedia menjadi Ketua Umum. Belakangan ini, barulah Kiai Said Aqil memutuskan maju kembali untuk 3 periode.

Mereka tetap pada pendiriannya mendukung Gus Yahya. Bahkan satu wilayah yang sebelumnya mendukung Kiai Said yaitu Sumatera Selatan juga merapat pada Gus Yahya. Nama Sumsel masuk dalam 28 wilayah pendukung Gus Yahya.

“Malah dulu wilayah yang vokal mendukung Kiai Said itu adalah Sumsel. Itu datang dan dia mendukung Gus Yahya. Memang terkenal mendukung Pak Said itu adalah Sumsel. Jadi ada 28 yang sudah ketemu aaat itu ada Gus Yahya tidak ada yang lain,” imbuh Gus Fahrur.

Pengasuh Ponpes Annur Bululawang Malang ini mengatakan, bahwa setelah pertemuan di Jakarta. Beberapa wilayah langsung melakukan deklarasi dukungan. Seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatera Selatan. Dia yakin daerah lainnya yang masuk dalam 28 wilayah akan melakukan hal serupa.

“Buktinya beberapa wilayah sudah breakdown. Seperti Jawa Tengah, Sumsel sudah deklarasi dukung Gus Yahya. Itu sebagai turunan dari pertemuan di Jakarta itu kan. Kami akan komunikasi dengan wilayah-wilayah yang lain ya. Karena biasanya wilayah-wilayah yang lain itu selalu terhubung,” tandasnya. (luc/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar