Politik Pemerintahan

Gus Afif Terpilih Lagi Jadi Ketua Ansor Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Konferensi Cabang XIX Gerakan Pemuda Ansor Kota Surabaya menetapkan H.M Faridz Afif sebagai Ketua Terpilih Masa Khidmat 2021-2025. Pria yang akrab disapa Gus Afif ini memperoleh 71 suara, sedangkan calon lainnya Abdul Holil mengantongi 59 suara.

Konfercab XIX GP Ansor Kota Surabaya berlangsung di Hotel Empire Palace berjalan lancar. Diikuti oleh Pimpinan Anak Cabang dan Pimpinan Ranting Se Kota Surabaya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Selain itu, Konfercab XIX GP Ansor Kota Surabaya dihadiri langsung oleh Ketua PW GP Ansor Jatim Gus Syafiq Syauqi. Sedangkan Pimpinan Sidang pemilihan ketua dipimpin oleh Wakil Ketua Ja’far Shodiq dan Wakil Sekretaris Khoirur Roziqin PW GP Ansor Jatim.

Pasca ditetapkan sebagai Ketua Terpilih PC GP Ansor Kota Surabaya Masa Khidmat 2021-2025 Gus Afif akan melakukan konsolidasi gerakan. Ada empat program kerja yang menjadi prioritas utama di periode kedua.

Program pertama tentang keorganisasian. “Ini menjadi skala prioritas utama. Jadi membentuk PAC dan PR yang SK-nya sudah mati. Saat ini ada 115 ranting dari 154 yang sudah ter-SK. Sedangkan ada 19 PAC yang SK masih aktif, 3 sudah melaksanakan Konferancab, dan 9 PAC yg SK-nya tidak aktif. Selain itu akan membuat database kader, pelaporan kegiatan, dan tata kelola administrasi,” kata Gus Afif.

Skala Prioritas yang kedua, lanjutnya, akan menggalakkan kaderisasi di masing-masing PAC. “GP Ansor merupakan organisasi berorientasi pengkaderan. Kaderisasi merupakan nafas organisasi.”

Selain itu, tambah Gus Afif, bidang yang akan menjadi prioritas utama lainnya adalah pengoptimalan Majelis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor hingga tingkat ranting. “Rijalul Ansor ini merupakan tempat untuk menciptakan kader yang berdakwah di tengah-tengah masyarakat. Pemuda-Pemuda Ansor yang akan berdakwah Islam Rahmatan Lil Alamin di tengah generasi millenial,” lanjutnya.

Selanjutnya bidang kebanseran. “Banser ini merupakan kader inti Gerakan Pemuda Ansor. Jadi, pelaksanaan Diklatsar di masing-masing PAC akan diintenskan. Pembentukan dan mengefektifkan satuan-satuan khusus di Satkorcab Banser Surabaya akan menjadi skala prioritas,” tambah Gus Afif.

Gus Afif menambahkan, karena era saat ini adalah era digital, Maka, untuk merespon hal itu akan membekali kader tentang pemanfaatan teknologi dan informasi. “Banyak hal yang bisa dilakukan di era digital ini, ekonomi kreatif, videografer, design grafis, startup, dakwah di sosial media, dan lain sebagainya. Artinya karakter pemuda Ansor harus siap merespon zaman apapun situasi dan kondisinya.”

Banyak hal yang menjadi pekerjaan rumah GP Ansor Kota Surabaya. Oleh karena itu, sebagai ketua terpilih dan mendapatkan amanat yang kedua kalinya, Gus Afif akan melakukan yang terbaik untuk organisasi. “Pemimpin itu harus menjadi pejantan tangguh,” pungkasnya. [ifw/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar