Politik Pemerintahan

Gunakan Mobil PMK, Pemkot Mojokerto Semprotkan Disinfektan di Jalan Protokol

Mobil PMK digunakan untuk menyemprot disinfektan di Jalan Majapahit Kota Mojokerto. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Dengan menggunakan dua unit mobil pemadam kebakaran (PMK), Pemkot Mojokerto melakukan penyemprotan cairan disinfektan di jalan-jalan protokol dan fasilitas-fasilitas umum yang ada di Kota Mojokerto, Rabu (25/3/2020). Langkah ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19).

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan, jalan protokol menjadi sasaran utama penyemprotan karena mobilitas masyarakat yang sangat tinggi. “Kegiatan disinfeksi sudah dilakukan secara masif selama kurang lebih 8 hari terakhir karena ketersediaan disinfektannya juga terbatas, tenaganya juga terbatas,” ungkapnya.

Sehingga penyemprotan disinfektan di Kota Mojokerto dilakukan secara berjenjang. Mulai dari sekolah-sekolah, kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan tempat pelayanan publik lain. Seperti tempat ibadah masjid, klenteng dan sejumlah gereja serta pasar tradisional Tanjung Anyar.

“Pencegahan penyebaran Covid-19 merupakan tugas bersama bukan hanya tugas dari pemerintah, tetapi seluruh masyarakat punya tanggung jawab yang sama untuk bersinergi dengan Pemkot Mojokerto agar virus corona tidak menyebar di kota kita tercinta ini,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Ning Italia (sapaan akrab, red), di beberapa lingkungan kelurahan, masyarakat mulai swadaya menyiapkan sendiri disinfektan dan melakukan penyemprotan bersama-sama. Masyarakat bersinergi babinsa, babinkamtibmas, kelurahan, dan kader-kader motivator di bawah Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Semoga dengan sinergi yang luar biasa ini, Kota Mojokerto bisa terlindungi dari penyebaran dari penyebaran virus corona,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mojokerto, Heriyana Dodik Murtono menambahkan, dalam sehari Pemkot Mojokerto akan melakukan penyemprotan sebanyak 8 ribu liter dengan mengunakan dua unit mobil PMK. Penyemprotan selama tiga hari ke depan dengan sasaran jalan-jalan protokol serta perkotaan di Kota Mojokerto.

“Untuk hari ini, sasarannya dari mulai Jalan Majapahit, Raden Wijaya, Jalan Pahlawan hingga ke Alun-alun Kota Mojokerto. Semua jalan protokol akan dilakukan penyemprotan secara bergilir. Minggu ini akan kita lakukan tiga hari, setelah semua jalan selesai, Minggu depan kita akan lakukan penyemprotan kembali,” pungkasnya. [tin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar