Politik Pemerintahan

Gubernur: Puncak Mudik Lebaran Diprediksi 2 Juni

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melepas 460 penumpang mudik dan balik gratis jalur laut tujuan Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep.

Prosesi pelepasan mudik dengan Kapal Dharma Kartika III tersebut diberangkatkan di Gapura Surya Nusantara Surabaya, Rabu (29/5/2019).

Kepada awak media, Gubernur Khofifah mengatakan, pelaksanaan mudik dengan menggunakan kapal tersebut diselenggarakan Pemprov Jatim menjelang mudik lebaran. Diprediksi, puncak mudik lebaran tahun ini terjadi pada 2 Juni 2019.

Khusus untuk mudik balik gratis jalur kapal laut akan disiapkan enam rute. Selain jalur laut, Pemprov Jatim juga menyiapkan jalur darat dengan armada bus dan kereta api.

Mudik gratis yang di sediakan tahun ini terdapat sekitar 295.000 penumpang. Namun, jumlah tersebut dipastikan bertambah seiring dengan banyaknya instansi dan lembaga yang mengadakan program mudik gratis bagi masyarakat Jatim sejak H-9.

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini mengapresiasi langkah Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim bersama Pelindo dan instansi terkait dengan pengaturan pola penumpang yang turun dari kapal laut bisa difasilitasi ke Terminal Bungurasih. Juga, ada yang tujuan ke Terminal Nganjuk dan Madiun.

“Pola komunikasi seperti ini yang saya apresiasi antara pengusaha dan penyedia transportasi khususnya dalam meningkatkan layanan transportasi bisa terlaksana. Mudah mudahan kondisi ini akan terus membaik dan kami ingin semua masyarakat terlayani dengan baik,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Fattah Jasin menjelaskan, bahwa dalam rangka menambah armada kapal untuk mengakomodir lonjakan penumpang pada masa angkutan lebaran, Pemprov Jatim melalui Dinas Perhubungan melaksanakan kegiatan mudik dan balik gratis kepulauan sebanyak enam rute.

Keenam rute tersebut antara lain, Surabaya-Masalembu (PP) sebanyak 4 voyage, Tanjung Wangi-Sapeken 4 voyage, Gresik-Bawean PP sebanyak 4 voyage dan Kalianget-Kangean sebanyak 5 voyage.

“Kemarin, kami telah melaksanakan pemberangkatan perdana mudik gratis kepulauan tahun 2019 Rute Surabaya-Masalembu. Perjalanan diprediksi akan ditempuh selama 15 jam. Semoga seluruh penumpang diberi kelancaran dan selamat sampai tujuan berkumpul dengan sanak saudara,” pungkasnya. [tok/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar