Politik Pemerintahan

Gubernur Khofifah Temukan TPS di Gresik yang Kurang Ramah Terhadap Penyandang Disabilitas

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi TPS 8 Desa Dahan Rejo Gresik.

Gresik (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menemukan masih ada tempat pemungutan suara (TPS) masih kurang ramah terhadap penyandang disabilitas yang memiliki hak pilih di Pilkada Gresik.

Temuan ini disampaikan saat orang nomor satu di Jawa Timur itu mengecek kesiapan pelaksanaan pilkada serentak bersama Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta di TPS 8 Desa Dahanrejo, Kecamatan Kebomas, Gresik.

Saat mengecek kesiapan pilkada serentak di Gresik juga hadir Bupati Sambari Halim Radianto didampingi Kapolres AKBP Arief Fitrianto, dan Dandim 0817 Gresik, Letkol Inf Taufik Ismail.

“Saya mohon ketua KPPS di TPS 8 memperhatikan bilik khusus bagi penyandang disabilitas. Sebab, antara meja dan kursi kurang tinggi,” ujarnya, Selasa (8/12/2020).

Kendati demikian lanjut Khofifah, secara umum sesuai rencana pelaksanaan pilkada serentak sudah siap dengan
memberlakukan standar protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

“Kedatangan kami di Gresik untuk memastikan pelaksanaan pilkada
bisa dilaksanakan dengan baik. Segala sesuatu tentang kesiapan yang kami monitor semuanya sudah baik.

Ia menambahkan, pilkada kali ini berbeda dibanding sebelumnya. Pada pemilu sekarang ada perlakuan berbeda kepada setiap pemilih, dan panitia serta sarana prasarananya. Panitia menyiapkan sarana prasarana sesuai prokes.

Ada masker, hand sanitizer, tempat cuci tangan dan penjadwalan pemilih yang ditentukan waktunya. Bilik khusus juga disiapkan bagi pemilih yang terdeteksi pada saat hadir di TPS suhu tubuhnya saat diperiksa mencapai 37,3 derajat celcius atau lebih.

“Jika ada kendala tersebut langsung diarahkan ke bilik khusus yang sudah disiapkan panitia. Jadi bilik khusus ini sudah disiapkan pada semua TPS di seluruh Jawa Timur,” imbuhnya.

Selain itu pada pelaksanaan pilkada 2020, juga dipastikan bahwa semua petugas KPPS di seluruh TPS sudah di rapid test dengan hasil non reaktif atau juga sudah mendapat pemeriksaan swab pcr dengan hasil negatif.

“Kami pastikan proses pilkada berjalan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Sementara, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim Choirul Anam menyatakan ada 48.607 TPS semuanya siap melaksanakan pemungutan suara pilkada besok.

“Kami siap melaksanakan pelaksanaan pilkada yang digelar secara serentak. Jadi tidak ada satupun TPS yang ditunda karena belum ada KPPS-nya tidak siap terkait logistik,” pungkasnya. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar