Politik Pemerintahan

Gubernur Khofifah Lepas Warga Dampit yang Dipasung

Malang (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa membebaskan Suyanto dari pasungan yang selama ini membelenggu dirinya puluhan tahun.

Khofifah datang bersama jajaran mendatangi kediaman Suyanto di Dusun Sumbersari, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Selasa (3/3/2020).

Pasca membebaskan pria 30 tahun yang selama ini diketahui menderita gangguan jiwa, Khofifah ingin agar Jawa Timur kedepan bisa bebas dari warga yang dipasung. “Harapannya nanti Jawa Timur bisa bebas pasung,” tegas Khofifah.

Mantan Menteri Sosial ini pun menyampaikan, peran keluarga dan masyarakat sangat penting dalam memperhatikan setiap warga yang menderita gangguan jiwa. Hal itu agar warga yang menderita gangguan jiwa tidak ditangani dengan cara dipasung, melainkan harus ditangani secara medis.

“Proses yang kita inginkan adalah peran orang tua, pastikan mereka diberikan atensi secara khusus. Harus ada yang melakukan monitoring dan memastikan obatnya bisa dikonsumsi oleh sang pasien,” ujarnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data dari Dinas Sosial Jatim, hingga saat ini ada 334 warga yang masih dipasung. (yog/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar