Politik Pemerintahan

Gubernur Khofifah Apresiasi Wisata Mandiri Setigi

Gresik (beritajatim.com)- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi keberadaan Wisata Mandiri Setigi yang berada di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik yang dijadikan wisata tangguh.

Menurut gubernur pertama perempuan di Jawa Timur itu, Wisata Setigi patut dicontoh desa lainnya. Pasalnya, warga di sekitarnya turut dilibatkan langsung dalam mengelolah tempat wisata tersebut. Sehingga, taraf kehidupan ekonomi warga disana juga turut terangkat meski ditengah pandemi Covid-19.

“Wisata Setigi sangat instagramable banget. Banyak spot-spot foto yang ditawarkan dan ini layak dikembangkan dan diapresiasi mengingat tempat ini dulunya merupakan pembuangan sampah,” ujarnya, Rabu (29/7/2020).

Sebelum disulap menjadi obyek wisata, Wisata Setigi dulunya hanya lahan tambang dan bukit kapur. Namun, seiring dengan berjalannya waktu. Warga setempat dengan kepala desa yang baru mempunyai ide serta gagasan merubah tempat yang semula jorok, kumuh dan panas dibenahi menjadi obyek wisata yang menawarkan spot foto dengan perbukitan kapur serta kulinernya.

Nama Wisata Setigi merupakan singkatan dari Selo, Tirto, Giri. Daya tariknya bagi wisatawan, di tempat tersebut disuguhi panorama alam bukit kapur dan goa serta cerukan yang dihasilkan oleh penambang beberapa tahun lalu.

“Tempat ini sangat inspiratif. Sebab, dulunya area pasca tambang dijadikan tempat wisata. Dulu daerah bekas tambang tidak mudah me-recovery lahan tersebut. Kalau dibiarkan bakal menjadi masalah baru,” papar Khofifah.

Satu hal lagi lanjut Khofifah, RT maupun RW di Desa Sekapuk diikutsertakan jadi multi effect-nya memberikan penguatan ekonomi dan solidaritas sosial sekaligus ketahanan masyarakat di desa ini.

“Saya memberikan apresiasi kepada Kades Sekapuk. Mudah-mudahan pemikiran out of the box ini bisa diikuti desa lainnya. Sebab, areanya masih sangat luas sangat memungkinkan dibuat destinasi wisata yang baru,” katanya.

Sementara Kades Sekapuk Abdul Halim menyatakan keberadaan wisata yang dikelolah ini juga tidak lepas dari peran warganya. Bahu-membahu serta bekerja keras bagaimana mewujudkan tempat wisata desa dan hasilnya juga dinikmati bersama.

“Semua warga Desa Sekapuk kami libatkan baik itu ibu PKK-nya, karang taruna maupun komunitas warga lainnya. Kalau bisa Setigi tidak hanya dikenal di Gresik, dan Jawa Timur saja tapi keluar negeri,” tandas Abdul Halim sambil tersenyum. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar