Politik Pemerintahan

Perluas Layanan Lumbung Pangan

Gubernur Jatim: Sembako Murah di Bawah Harga Pasar

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pemprov akan melakukan perluasan wilayah layanan Lumbung Pangan Jatim ke 19 kabupaten/kota.

Tak hanya di 19 kabupaten/kota, namun minggu ini layanan juga kembali diperluas ke sembilan kabupaten/kota lagi di Jatim. Sehingga, pekan depan sudah ada 28 kabupaten/kota yang akan bisa menikmati layanan sembako murah melimpah dengan fasilitas gratis biaya pengiriman atau ongkir.

“Target kita adalah 25 pasar yang dijadikan sampling BPS mulai Surabaya, Bojonegoro, Probolinggo dan Jember itu bisa kita sasar. Sehingga, Lumbung Pangan ini akan menjadi referensi, misalnya harga gula sekarang berapa oh ternyata sedang di bawah HET karena musim giling, harga telur berapa, bawang merah berapa dan seterusnya,” kata Khofifah kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (9/7/2020).

Menurut gubernur, upaya perluasan layanan penyediaan sembako murah dengan belanja online menjadi salah satu upaya membiasakan warga Jatim untuk terbiasa dengan transaksi cashless atau non tunai.

Setelah melayani Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Bangkalan, Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu, layanan tersebut diperluas ke Jombang, Nganjuk, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo dan Kota Madiun. Total 19 kabupaten/kota.

Perluasan layanan Lumbung Pangan Jatim ke wilayah pantura, mataraman, hingga Tapal Kuda itu ditandai dengan pemberangkatan paket sembako murah dari Gedung Negara Grahadi Surabaya hari ini. Pemberangkatan sembako murah juga diberangkatkan oleh para driver ojek online.

“Sebenarnya uji coba pengembangan layanan ke 19 daerah lumbung Pangan Jatim ini sudah lima hari yang lalu. Tapi karena hari ini dari BI dan PT Pos bisa datang, maka kita luncurkannya hari ini,” ujar Khofifah.

Lumbung Pangan Jatim memberikan layanan sembako murah di bawah harga pasar. Layanan ini bisa diakses masyarakat dengan layanan belanja online yang diberikan gratis biaya pengiriman oleh Pemprov Jatim.

Untuk warga yang ingin belanja sembako murah di Lumbung Pangan Jatim bisa memilih belanja via website di https://lumbungpanganjatim.com/ dengan pembayaran lewat bank. Atau melakukan pemesanan online dengan sistem bayar di tempat (COD) melalui What’s App di nomor 0811-334-0033. Kedua sistem belanja ini gratis biaya pengiriman hingga ke alamat pemesan.

Pembelian online sembako murah ini akan dikirimkan langsung ke alamat pembeli dari JX International Surabaya menggunakan jasa pengiriman PT Pos Indonesia. Pembelian bahan pangan murah dengan harga di bawah pasar bisa dilakukan dengan minimal pembelian Rp 60 ribu, dan maksimal berat pembelanjaan adalah 20 kilogram.

“Semoga dengan perluasan layanan ini, bisa memudahkan masyarakat dalam mengakses bahan pangan dengan harga murah dan ketersediaan yang melimpah. Namun pesan kami jangan sampai ada aksi borong,” pungkasnya. [tok/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar