Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Gubernur Jatim Resmikan Masjid Jami Al-Ikhlas Moropelang Lamongan

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati YES saat meresmikan Masjid Jami' Al-Ikhlas Desa Moropelang Kecamatan Babat, Selasa (19/10/2021).

Lamongan (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Lamongan Yuhronur Efendi meresmikan Masjid Jami’ Al-Ikhlas, Desa Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, pada Selasa (19/10/2021).

Peresmian masjid tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti dan pemotongan pita. Diketahui, masjid yang megah dan nyaman itu dibangun sejak 2012 hingga renovasi pembangunannya selesai di tahun 2021 melalui dana swadaya masyarakat dengan cara gotong royong dari seluruh warga setempat dan menelan dana sebesar Rp 8 miliar.

“Mudah-mudahan kita senantiasa mendapat anugerah kesehatan, sehat lahir, batin, dan sehat dompetnya. Semoga dengan ihlasnya panjenengan sedoyo datang di sini, kita semua mendapat syafaat dari Rasulullah SAW di momen maulid Nabi ini,” kata Khofifah dalam sambutannya.

Orang nomor satu di Jatim ini juga menyampaikan, bahwa dengan selesainya pembangunan masjid ini, diharapkan bukan hanya sebatas bangunannya saja yang indah dan besar, namun jamaah dan warga setempat juga senantiasa memakmurkan masjid dengan berbagai kegiatan positif sosial dan keagamaan.

“Sebenarnya saya ke sini juga mengajak Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jawa Timur dan Plt Biro Kesra, yang jelas juga bersama dananya, tapi ternyata pembangunannya sudah selesai semuanya. Ini luar biasa,” tuturnya.

Lebih lanjut, Khofifah juga menginformasikan, bahwa di Surabaya nantinya akan segera dibuka konsulat Arab Saudi serta pelaksanaan umrah dan haji. Sehingga dengan hal itu, ke depan urusan umrah dan haji realisasinya akan lebih mudah.

“Dengan ucapan Bismillahirahmanirrahim, pada tanggal 12 Rabiul Awal 1443 Hijriyah yang bertepatan dengan tanggal 19 Oktober 2021 ini, kita meresmikan Masjid Al- Ikhlas Desa Moropelang Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Mudah-mudahan manfaat dan barokah,” ucap Khofifah, didampingi Bupati YES, takmir masjid Al-Ikhlas, dan Pengasuh PP Nurus Siroj.

Hal senada juga dikatakan oleh Bupati Lamongan yang akrab disapa Bupati YES. Dalam sambutannya, Bupati YES sangat mengapresiasi atas keikhlasan warga dalam membangun masjid yang dilakukan secara swadaya dan gotong royong. Menurutnya, saat ini ada 1936 masjid dan 3968 mushola di Lamongan, beberapa di antaranya dibangun secara swadaya, seperti Masjid Al-Ikhlas.

“Hari ini, kita bersama syukuri dan mengharapkan keberadaan Masjid Al-Ikhlas ini dapat bermanfaat dengan baik, yakni untuk beribadah, ta’lim bagi umat Muslim, dan tempat untuk menguatkan ikatan silaturahmi dalam mempersatukan umat,” tandasnya.

Selain Peresmian masjid, dalam kegiatan ini juga dilakukan santunan kepada sejumlah anak yatim dan ibu-ibu lingkungan Masjid, peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, serta Sholawat mahalul qiyam yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jatim.[riq/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar