Politik Pemerintahan

Gubernur Jatim: Pulau Giliyang Sesuatu Banget

Sumenep (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan perhatian khusus terhadap sektor pariwisata di Kabupaten Sumenep, khususnya Pulau Giliyang, Kecamatan Dungkek.

“Pulau Giliyang ini sesuatu banget. Saya beberapa kali mengupload di akun IG saya, kalau Giliyang ini kekayaan luar biasa. Bayangkan saja, oksigen terbaik kedua di dunia ada di Sumenep,” kata Khofifah.

Khofifah berada di Sumenep pada Sabtu (11/5/2019) untuk peletakan batu pertama pembangunan dermaga Dungkek yang akan menghubungkan ke Pulau Giliyang. Pada kesempatan itu, Gubernur juga menyerahkan bantuan keuangan Rp 60 miliar kepada Bupati Sumenep untuk pembangunan dermaga tersebut.

“Waktu saya berkunjung ke Pulau Giliyang, saya melihat sendiri, banyak warga setempat yang umurnya di atas 100 tahun, dengan kondisi masih sehat. Mereka masih mampu menimba air sendiri, berjalan jauh, dan aktifitas berat lainnya,” ucap Khofifah.

Selain itu, ia juga mengagumi goa-goa yang ada di Pulau Giliyang karena kondisinya masih sangat alami. “Stalagtit dan stalagmitnya keren. Mungkin belum banyak orang yang tahu tentang Pulau Giliyang. Kekayaan alam yang luar biasa,” ucapnya kagum.

Menurut Khofifah, apabila ingin sektor riil tumbuh dengan cepat, maka bisa melalui pembangunan sektor wisata. Tantangan terbesarnya adalah bagaimana menjaga seluruh energi positif religiusitas di Sumenep dengan potensi wisata yang luar biasa.

“Harus dipikirkan, bagaiman menjaga wisata supaya tetap seiring dengan nilai-nilai kepesantrenan dan keulamaannya,” tandasnya.

Pulau Giliyang merupakan salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Sumenep. Dalam kondisi cuaca normal, untuk mencapai Pulau Giliyang, diperlukan waktu tempuh 45-60 menit dengan menggunakan perahu rakyat dari Pelabuhan Dungkek. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar