Politik Pemerintahan

Gubernur Buka Pameran Batik Bordir dan Aksesoris Fair 2021

Surabaya (beritajatim.com) – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa membuka acara Pameran Batik Bordir dan Aksesoris Fair 2021 di Grand City Surabaya, Rabu (24/3/2021).

Pameran yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jatim itu diikuti oleh 85 booth peserta. Pameran ini dihelat dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) berbasis Cleanliness, Health, Safety dan Environment Sustainability (CHSE). Pameran yang digelar untuk ke-16 kalinya tersebut berlangsung mulai Rabu (24/3/2021) hingga Minggu (28/3/2021).

Pameran ini menampilkan berbagai produk, desain dan motif terkini baik tradisional , etnik, maupun modern dari kalangan pengusaha industri dan pengrajin batik, bordir, tenun, songket, sulaman, busana tradisional, serta beragam produk fashion. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dan berusaha agar perajin bisa bertahan selama pandemi Covid-19,” kata Ketua Dekranasda Jatim, Arumi Bachsin kepada wartawan.

Arumi mengaku optimistis dengan digelarnya kegiatan ini selain memulihkan ekonomi, juga bisa semakin menumbuhkan kecintaan produk buatan dalam negeri. Dengan menerapkan konsep pameran offline to online, pameran ini memberi kemudahan pengunjung pameran untuk dapat berbelanja secara virtual.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberi apresiasi dan kesempatan yang seluas-luasnya, terlebih sebagai tanda kebangkitan kriya pada masa pandemi,” tandas Arumi.

Sementara itu, Gubernur Khofifah mengatakan kegiatan ini selaras dengan program nasional sejak Agustus lalu, yakni bangga buatan Indonesia. Jadi, produk-produk yang ditampilkan ini adalah produk kreatif yang membuka kebangkitan ekonomi UMKM di Jatim. “Backbone ekonomi di Jatim 56,94 persen adalah UMKM. Oleh karena itu pameran ini akan membuka ruang bagi pelaku ekonomi,” ujarnya. (tok/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar