Politik Pemerintahan

Gubernur Anulir Pencoretan Anggaran Pengamanan Pilbup Jember

Jember (beritajatim.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menganulir pencoretan anggaran pengamanan pemilihan bupati dalam peraturan kepala daerah mengenai perubahan penggunaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) yang diajukan Bupati Jember Faida.

Dalam rancangan peraturan kepala daerah yang diajukan Pemkab Jember pada 13 April 2020, belanja hibah pilkada mengalami penurunan Rp 22,501 miliar atau sebesar 12,47 persen menjadi Rp 157,984 miliar. Semula hibah pilkada mencapai Rp 180,486 miliar.

Belanja hibah untuk kepolisian resor yang semula sebesar Rp Rp 10,306 miliar dan untuk komando distrik militer setempat yang semula Rp 5,891 miliar, pada rancangan perkada perubahan APBD tak lagi dianggarkan alias nol persen.

Pengurangan juga dilakukan untuk hibah kepada Komisi Pemilihan Umum Jember yang semula Rp 80 miliar menjadi Rp 73,800 miliar. Hibah untuk Badan Pengawas Pemilu dikurangi dari Rp 21,262 miliar menjadi Rp 19,885 miliar.

Dalam Surat Keputusan Gubernur Nomor 188 yang ditetapkan pada 22 Mei 2020, Gubernur Khofifah mengingatkan, bahwa pendanaan hibah untuk pilkada tidak bisa dialihkan untuk kegiatan lain, sebagaimana Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 270/2931/SJ tertanggal 21 April 2020.

Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim

“Untuk menjadi perhatian, Pemerintah Kabupaten Jember agar mengalokasikan kembali besaran alokasi anggaran belanja terkait pemilihan kepala daerah tersebut,” demikian rekomendasi gubernur dalam lampiran surat keputusan pengesahannya.

Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim mengatakan, pihaknya sedang mempelajari surat gubernur tersebut. “Daerah wajib menganggarkan untuk pengamanan. Cuma kenapa kok malah di-nol-kan? Hal ini tentu bisa menghambat proses pilkada tersebut. Bupati wajib mematuhi aturan tersebut, karena itu payung hukum pelaksanaan APBD. Sampai hari ini di Jember belum ada peraturan daerah APBD, tapi peraturan kepala daerah,” katanya, Jumat (5/6/2020). [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar