Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan, Politik Pemerintahan

Gresik Targetkan Temuan 3.000 Pasien TB di Tahun 2022

Gresik (beritajatim.com)- Pemerintah Kabupaten Gresik menargetkan temuan 3.000 pasien tuberkulosis (TB) selama semester pertama 2022. Dari jumlah tersebut, hingga kini baru 450 pasien masuk data di Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes Gresik) dr Mukhibatul Khusna mengatakan, sampai saat ini masih ada 1.876 pasien TB. Dari angka itu, 90 persen sudah mendapat pengobatan dan sembuh melalui edukasi kesehatan. “Kami terus mengedepankan edukasi pengobatan. Harapannya, pasien TB bisa benar-benar bebas di tahun 2030 secara nasional,” katanya, Jumat (22/4/2022).

Sementara Direktur Human Initiative, mitra patner Dinkes Gresik untuk mempercepat penyembuhan pasien TB, Munthori menuturkan, melalui kegiatan ini diharapkan bisa mempercepat eliminasi pasien TB. “Kabupaten Gresik sudah menerbitkan Peraturan Bupati untuk eliminasi, dipercepat menjadi 2028,” ujarnya.

Sementara Wabup Gresik Aminatun Habibah (Bu Min) mengatakan, pihaknya mendorong semua pihak bersatu mewujudkan eliminasi TB nol persen pada 2028 di Kabupaten Gresik serta secara nasional pada 2030. “Guna mewujudkan itu di antaranya mengontrol pasien TB untuk pengobatan secara teratur melalui pantau langsung dan menyampaikam melalui aplikasi,” ungkapnya.

Melalui inovasi ini, lanjut dia, cukup berhasil dalam menurunkan pasien TB. Ditambah dengan kolaborasi dukungan dengan Human Initiative (HI), maka TB bisa terbantu dan masyarakat menjadi teredukasi.

Sementara itu, Section Manager General Affair PT Smelting, Indra SW Junior menyatakan pihaknya mendukung penuh langkah Dinkes Gresik dalam mengeliminasi pasien TB. Sejak awal perusahannya bersama Human Initiative melakukan bantuan untuk eliminasi pasien TB.

“Awal tahun 2019 kami melakukan bantuan terhadap 30 pasien. Kemudian di tahun kedua 100 pasien TB mendapat pengobatan, sanitasi dan pelatihan kader TB. Tahun 2022 ini kami menargetkan pengobatan bagi 150 pasien di wilayah sasaran Puskesmas Kecamatan Bungah dan Puskesmas Kecamatan Duduk Sampeyan,” pungkasnya. [dny/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar