Politik Pemerintahan

Gresik Ditunjuk Kemenkes Jadi Tempat Imunisasi PCV 

Gresik (beritajatim.com) – Kementrian Kesehatan (Kemenkes) memilih Kabupaten Gresik menjadi tempat imunisasi serentak PCV di Jawa Timur dari 7 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Selain Gresik, Kemenkes juga menunjuk 6 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat terkait pelaksanaan imunisasi PCV ini.

Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Rein Rondonuwu menuturkan, vaksin ini tujuannya agar balita tidak terkena phenemonia. Sebab, biaya perawatannya mahal. Ditambah berdasarkan data WHO di Indonesia bayi yang terkena phenemonia cukup tinggi.

“Ada 149 negara termasuk Indonesia yang melakukan vaksinasi phenemonia. Vaksin ini tujuannya untuk menurunkan penyakit yang mematikan ini,” ujarnya, Selasa (22/06/2021).

Alasan dipilihnya Gresik kata Maxi, ini karena pelayanan imunisasinya rutin meski ditengah pandemi Covid-19.

“Nantinya lima tahun sekali ada evaluasi terkait pelaksanaan imunisasi PCV ini,” ungkapnya.

Sementara Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) mengatakan, pihaknya akan terus mengedukasi imunisasi PCV terhadap balita. Bahkan, agar pelaksanaannya semakin masif akan menggandeng PKK serta komunitas masyarakat pentingnya imunisasi ini.

“Kesehatan bayi sangat penting. Sebab, kasus phenemonia masih cukup tinggi. Hal ini menjadi perhatian serius bagi kami meski pandemi Covid-19 belum berakhir,” pungkasnya. (dny/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar