Politik Pemerintahan

Gresik Belum Punya Gedung Uji Kir

Gresik (beritajatim.com) – Tahun anggaran 2021 sudah berjalan empat bulan. Namun, proyek pembangunan gedung baru uji kir sejauh ini belum juga dilakukan lelang. Padahal, kompensasi dari Pemprov Jatim berakhir tahun ini.

Lokasi pembangunan Gedung Uji Kir di Kecamatan Cerme terlihat masih sepi. Lahan urukan di depan Gerbang Tol Cerme itu belum terlihat alat-alat berat atau sejenisnya. Malahan, sisi sisi lahan pun terlihat rumput-rumput sudah meninggi.

Di website LPSE, proyek pembangunan gedung uji kir itu belum dilakukan lelang. Yang selesai baru tahap pengawasan saja.

Terkait dengan ini Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik Nanang Setiawan membenarkan apabila proyek Gedung Baru Uji Kir itu belum dimulai. Saat ini berkasnya sudah masuk ke Badan Layanan Pengadaan (BLP). Namun belum diunggah ke website karena masih menunggu rekomendasi dari Inspektorat.

Nanang menambahkan, lelang itu bakal selesai sekitar pertengahan tahun nanti. Kemudian pihaknya meyakini gedung akan selesai pasa akhir 2021 ini. Sebab, tahun depan lokasi uji kir saat ini sudah diambil alih oleh Pemprov Jatim.

Selama ini Pemkab Gresik numpang uji kir di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo. Sejak 2019 gedung tersebut digunakan untuk Kantor Samsat. Saat itu, Pemkab hanya diberikan waktu sampai akhir tahun 2020 untuk beres-beres pindahan. Namun hingga saat ini, Pemkab Gresik belum memiliki gedung penggantinya.

Baru lah dalam APBD 2021 nanti Pemkab mengalokasikan dana sebesar Rp 10 miliar untuk pembangunan gedung uji kir. Lokasinya di Jalan Raya Cerme sekitar 300 meter sebelum pintu tol.

Tahun 2021 ini Uji Kir masih dilakukan di gedung yang meminjam dari Pemprov Jatim. Namun batasnya akhir tahun ini. Karena itu pihaknya berharap agar uji kir sudah memiliki gedung baru. Sehingga, tahun 2022 nanti uji kir tetap bisa berjalan.

Tidak hanya diberi kelonggaran tempat, Pemkab juga mendapat hibah alat uji kir milik Pemprov tersebut. Mengingat sampai saat ini Pemkab Gresik belum memiliki alat uji kir itu. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar