Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Golkar Paling Populer di Kalangan Anak Muda, Arif Fathoni Ungkap Alasannya

Surabaya (beritajatim.com) – Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menggelar survei terkait elektabilitas partai politik di kalangan anak muda. Hasil survei menemukan Golkar menjadi partai terpopuler di kalangan anak muda.

Dalam survei yang digelar pada 8 hingga 13 Agustus 2022 dengan menyasar responden berusia 17-39 tahun, Golkar muncul dengan tingkat popularitas tertinggi dibanding partai lain. Raihan Golkar mencapai 94 persen, sementara tingkat kesukaannya mencapai 75,9 persen.

Ketua DPD Golkar Surabaya, Arif Fathoni mengatakan, tingginya popularitas partai berlambang beringin itu di kalangan muda membuktikan keberhasilan transformasi menuju partai modern. Sementara, ciri khas partai modern adalah pengelolaan hingga proses rekruitment berjalan secara inklusif.

“Partai Golkar sejak dipimpin oleh Pak Akbar Tanjung sudah bertransformasi menuju Partai modern. Alhamdulillah kalau kemudian Partai yang dikelola secara sistem dan secara inklusif kemudian mendapatkan apresiasi dari kalangan anak muda di Indonesia,” kata Arif Fathoni saat dihubungi beritajatim.com, Jumat (30/9/2022).

Ketua Fraksi Golkar DPRD Surabaya itu menjelaskan, Golkar Jatim sudah mengkampenykan tagline “Bergolkar Itu Asyik’. Tagline tersebut kemudian di internalisasikan dalam bentuk kegiatan dan program politik Partai Golkar.

“Termasuk diantaranya penetrasi komunikasi melalui media sosial dalam mensosialisasikan program dan kegiatan partai,” katanya.

Anggota komisi A DPRD Surabaya itu menegaskan, Golkar di Jatim juga memberikan kesempatan bagi anak muda untuk menjadi nahkoda partai di masing-masing kabupaten kota.

“Seperti Golkar Surabaya, Sidoarjo, dan Tuban yang berusia 26 tahun. Selama ini Golkar memberikan atensi penuh terhadap anak muda untuk berkembang di partai Golkar,” kata legislator penghobi sepakbola ini.

Dengan kombinasi 40 persen anak muda dan selebihnya kader senior, dia optimistis pada Pemilu 2024 mendatang, Golkar akan berjaya dan merebut kemenangan. Tentunya, hal itu akan diwujudkan kader di bawah dengan bekerja keras merebut hati rakyat.

“Hasil ini akan kita jadikan acuan dan lecutan semangat dalam menyongsong pemilu 2024,” tegasnya.

Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes mengatakan tingkat popularitas Golkar mencapai 94,0 persen. Sementara tingkat kesukaannya mencapai 75,9 persen.

Setidaknya terdapat 16 partai politik yang diuji, baik partai parlemen maupun non-parlemen. Dari hasil survei tersebut, ada empat partai teratas yang memiliki tingkat popularitas yang tidak jauh berbeda.

“Relatif pengenalan terhadap partai kita sudah cukup tinggi dengan jarak antar empat partai berjaraknya tipis-tipis saja,” kata Arya dalam pemaparan hasil survei di Auditorium CSIS, Senin (26/9/2022).

Dia memaparkan empat partai teratas tersebut adalah Golkar mencapai popularitas 94,0 persen dan kesukaan 75,9 persen; PDIP popularitas 93,5 persen dan kesukaan 68,2 persen; Gerindra mencapai popularitas 92,7 persen dan kesukaan 79,0 persen; serta Demokrat mecapai popularitas 91,6 persen dan kesukaan 82,0 persen.

Survei CSIS ini dilakukan pada proporsi pemilih muda berusia 17-39 tahun (generasi Z usia 17-24 tahun dan generasi milenial usia 24-39 tahun). Sedangkan pelaksanaanya pada periode 8-13 Agustus 2022. [asg/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar