Politik Pemerintahan

Golkar Jatim Inginkan Anak Indonesia Gemar Budaya Membaca dan Menulis

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Sarmuji mengatakan pada era digitalisasi saat ini bahwa budaya literasi makin ditinggalkan. Padahal, budaya membaca, bercerita dan menulis adalah awal dari kemajuan bangsa.

“Apalagi orang tua yang mau bercerita kepada anaknya saat menjelang tidur makin berkurang. Padahal, ini sangat penting. Kalau budaya literasi ini diajarkan sejak dini pada anak-anak, Insya Allah Indonesia ke depan akan menjadi negara yang sangat maju,” katanya usai penutupan pengumuman lomba karya tulis dan cerita di Kantor DPD Partai Golkar Jatim.

Pengumuman pemenang lomba karya tulis cerita anak yang digelar DPD Partai Golkar Jawa Timur, sekaligus ikut serta memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2020, ternyata mendapar respon luar biasa. Tercatat ada 1.350 pendaftar, namun yang menyertakan naskahnya 1.150.

Ia menyampaikan bahwa budaya literasi di Indonesia sangat rendah. Hanya 1 dari 1000 orang Indonesia yang suka membaca, yang lainnya suka menggosip.

“Golkar ingin mengajak masyarakat untuk meningkatkan kemampuan dan kesukaan anak Indonesia sekaligus membudayakan gemar membaca,” ujar pria yang juga menjabat sebagai anggota Komisi Xl DPR RI ini.

Lomba ini, tujuan utamanya di samping juga memfasilitasi kreasi dari masyarakat, juga bisa membuat cerita untuk anaknya sebagai simbol kasih sayang orang tua.

“Saya yakin seluruh orang tua yang menyayangi anaknya itu sekurang-kurangnya pernah menceritakan sesuatu sebelum tidur. Bahkan, di antara kita juga membuat cerita khusus dan menitipkan pesan menjelang tidur. Ini sangat sepele, namun ternyata efektif. Orang orang tua kita dulu selalu memberi cerita menjelang mau tidur,” jelasnya.

Pengumuman lomba yang kental dengan suasana hiburan itu menghadirkan 25 anak anak usia SD dari Panti Asuhan Mambaul Ulum Surabaya. Lalu penampilan musik dari kelompok Mata Hati Rungkut Kidul. Dalam kesempatan itu, Sarmuji menyerahkan bantuan untuk komunitas Mata Hati senilai Rp 20 juta yang diterimakan kepada Danny Heru Hartanto. [tok/but]

Berikut nama-nama pemenang:

Juara l Danny Sugandi dengan judul Aldi Ingin Seperti Bung Hatta, nilai 79 meraup hadiah Rp 4 juta.

Juara ll Fransisca Emilia dengan judul Misteri Hila Manis, nilai 73 meraup hadiah Rp 3 juta.

Juara lll Aulia manaf dengan judul Kado Buat Kakek, nilai 69 meraup hadiah Rp 2 juta.
Juara

Juara Favorit Ainun Latifah dengan judul Dakon di Gudang meraup hadiah Rp 1 juta

Untuk Juara Harapan I sampai X mendapat hadiah Rp 500 ribu.





Apa Reaksi Anda?

Komentar