Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Golkar Jatim Bersalawat, Airlangga: Kader Bangkit, Songsong Kemenangan 2024

DPD Partai Golkar Jatim mengadakan 'Golkar Jatim Bersalawat' pada Kamis (21/10/2021) malam.

Surabaya (beritajatim.com) – DPD Partai Golkar Jatim mengadakan ‘Golkar Jatim Bersalawat’ pada Kamis (21/10/2021) malam. Ratusan peserta hadir di kantor DPD secara offline, dan ada juga yang melalui virtual.

Hal ini dalam rangka peringatan HUT ke-57 Partai Golkar, sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional.

Suara merdu Habib Muhsin Alhamid melantunkan salawat diiringi musik rebana membuat seluruh pengurus DPD Partai Golkar bersama organisasi sayap partai dan simpatisan ikut bersama-sama melantunkan syair salawat.

Ketua DPD Partai Golkar Jatim, M Sarmuji dalam sambutannya mengaku bersyukur karena HUT ke-57 partai yang lahir pada 20 Oktober 1964 itu pada tahun ini berdekatan dengan dua peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional, sehingga ketiga momen tersebut penuh dengan hikmah dan keberkahan.

“Pertama, tentu kita tentu ingin meneladani Rasulullah Muhammad SAW dalam setiap perilakunya, baik sebagai pribadi dalam semua sisi kehidupannya maupun sebagai pemimpin umat. Kedua, kita juga ingin memperingati hari santri sebagai tonggak perjuangan kita dalam mempertahankan kemerdekaan,” katanya.

Menurut anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar itu, semua orang tahu jika Resolusi Jihad yang diinisiatori KH Hasyim Asy’ari melatarbelakangi perjuangan arek-arek Suroboyo dalam peristiwa 10 November 1945 yang kemudian peristiwa bersejarah itu diperingati Hari Pahlawan.

“Makanya kita ingin menyatakan bahwa mencintai negeri ini secara bersamaan dengan mencintai agamanya itu tidak menimbulkan split personality, tidak menimbulkan kegamangan. Kita bisa mencintai Indonesia sekaligus menjadi muslim yang baik yang mencintai agamanya. Ini juga bisa membuktikan bahwa antara Islam dan nasionalisme itu satu kesatuan yang indah yang bisa dipadukan bahkan tidak terpisahkan,” tegas Sarmuji.

“Semangat meneladani Rasulullah, mencintai tanah air dan mencintai Partai Golkar sebagai partai perekat persatuan nasional (National Glow) yang selama ini terbukti menjadi rumah bersama bagi segala kemajemukan bangsa Indonesia yang ingin kita semai di seluruh Jatim pada khususnya dan seluruh Indonesia pada umumnya,” imbuhnya.

Sarmuji berharap para santri khususnya yang ada di Jawa Timur harus bisa mengisi kemerdekaan ini dan menjadi tuan rumah bagi bangsa Indonesia. “Santri adalah anak kandung sejarah termasuk anak kandung yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sudah sewajarnya santri juga mewarnai kehidupan bangsa Indonesia ini dengan seluruh aktivitasnya menjadi penopang, menjadi pilar bagi pembangunan bangsa Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dalam sambutan secara daring mengatakan, bahwa Bulan Rabiul Awal selalu identik dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW, seluruh umat muslim di manapun berada dengan suka cita merayakan dengan berbagai macam cara. Seperti yang dilakukan oleh Partai Golkar Jatim yaitu melakukan salawat bersama dengan seluruh masyarakat dan kader baik virtual maupun langsung di kantor DPD Partai Golkar Jatim.

“Memperingati Hari lahir Rasulullah merupakan bentuk ekspresi cinta kita kepada Rasulullah. Tidak hanya sekadar ekspresi cinta, tetapi dalam peringatan maulid ini kita selalu mencoba untuk meneladani dan mengikuti perilaku Nabi. Cinta kita kepada Nabi harus menuntun kita untuk menghadirkan Islam rahmatan lil ‘aalamin yang penuh kedamaian,” tuturnya.

Partai Golkar juga ingin mewarisi semangat resolusi jihad lahir untuk menumbuhkan persatuan dan kerjasama seluruh elemen bangsa dalam membangun NKRI.

Sementara Hari Ulang Tahun Partai Golkar hanya berjarak dua hari dari peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2021. Dua peringatan yang memiliki semangat perjuangan.

“Peringatan ini hendaknya menjadi momentum kader-kader Partai Golkar untuk bangkit dan terus bergerak menyongsong kemenangan pada tahun 2024 mendatang,” tukasnya.

Ia juga mendapatkan laporan dari pengurus DPD Partai Golkar Jatim bahwa KH Syaikhona Kholil guru para kiai Indonesia sudah diproses namanya untuk mendapat Gelar Pahlawan Nasional dari pemerintah Republik Indonesia. Dan, Partai Golkar Jatim juga sudah melakukan langkah-langkah dukungan baik melalui seminar perjuangan beliau maupun langkah yang lain.

“Sekali lagi selamat untuk Pak Sarmuji dan seluruh jajaran pengurus Golkar Jatim. Selamat dan sukses untuk pelaksanaan Golkar Jatim Bersholawat. Semoga resonansi kebahagiaan yang dilaksanakan di Golkar Jatim akan terpancar ke seluruh wilayah Indonesia,” pungkasnya.

Kegiatan ‘Golkar Jatim Bersalawat’ ini diisi doa oleh KH Agoes Ali Mashuri (Ponpes Bumi Sholawat Sidoarjo). Sementara untuk ceramah agama diisi oleh KH Muhammad Bin Muafi Zaini (Ponpes Nazhatut Thullab Sampang) yang juga anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim. Di akhir acara, seluruh peserta juga melantunkan lagu Hubbul Wathan Minal Iman dengan penuh semangat. (tok/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar