Politik Pemerintahan

Gerindra Takkan Buka Pendaftaran Bakal Calon Bupati Jember

Jember (beritajatim.com) – Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kabupaten Jember, Jawa Timur, tidak akan membuka pintu pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati. Mereka punya mekanisme sendiri untuk memilih kandidat yang bakal diusung dan didukung.

Ketua DPC Gerindra Jember Moh. Satib akan membentuk tim tersendiri untuk memilih bakal calon bupati yang potensial dicalonkan. Tim ini bertugas menelusuri rekam jejak orang-orang yang dianggap potensial.

Satib mengatakan, cara ini ditempuh karena pihaknya tak percaya dengan visi-misi dan lebih percaya dengan rekam jejak seseorang selama ini. “Ketika beberapa pejabat publik bikin visi dan misi, ketika menjabat berbeda dengan visi dan misinya itu. Kalau sudah seperti itu apa yang jadi patokan kita? Apa kita tetap percaya terhadap visi dan misi?”

Satib mengatakan, tak ada visi dan misi yang jelek. “Pelaksanaannya yang berbeda. Maka kami menggunakan pola lain: menelusuri rekam jejak calon-calon yang muncul saat ini,” katanya.

Gerindra tak sendirian. Partai Perindo dan Partai Berkarya yang dalam satu fraksi bersama Gerindra juga sepakat dengan cara itu. Mereka akan mencari format terbaik yang bisa melibatkan tiga partai tersebut dalam penelusuran rekam jejak itu.

“Selama mereka bermasyarakat, seperti apa sih postur orang ini? Jadi itu akan lebih terukur. Setidak-tidaknya kita punya referensi seperti apa orang ini. Yang jelas kami ingin informasi yang betul-betul valid,” kata Satib.

Apa parameter untuk menentukan kelayakan bakal calon bupati dan wakil bupati yang berpotensi diusung Gerindra? Satib enggan membuka. “Yang akan kami usulkan bisa satu, bisa dua, bisa semua sesuai penelusuran yang kami lakukan,” katanya. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar