Politik Pemerintahan

Peta Politik DPRD Jember 2019-2024

Gerindra Apes! Suara Terbanyak, Jumlah Kursi Justru Berkurang

Jember (beritajatim.com) – Partai Gerindra mendulang suara terbanyak di Kabupaten Jember, Jawa Timur, dalam pemilu 2019. Namun jumlah kursi partai ini di DPRD Jember justru berkurang dari sembilan kursi pada 2014 menjadi tujuh kursi.

Gerindra dalam pemilu kali ini memperoleh 199.699 suara. Mereka mengalahkan PKB yang meraih 192.178 suara, Nasdem yang didukung 174.165 suara, dan PDI Perjuangan yang mendapat 172.871 suara.

Namun untuk urusan jumlah kursi legislator, Gerindra kalah dibandingkan PKB dan Nasdem yang masing-masing mendapat delapan kursi. “Faktornya sistem penentuan kursi berbeda dengan pemilu sebelumnya. Jika penentuan kursinya seperti dulu, capaian kursi Gerindra pasti lebih banyak,” kata Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Jember Fatkhul Hadi Muzakki, Senin (6/5/2019).

“Pemilu serentak bareng pemilihan presiden juga sangat menyulitkan pemilih saat di tempat pemungutan suara. Banyak pemilih yang bingung cara memilih dan tidak mau ribet membuka lima lembar surat suara, sehingga hanya mencoblos surat suara untuk pilpres,” keluh Fatkhul.

Namun Fatkhul tetap bersyukur. “Alhamdulillah, di tengah persaingan politik yang luar biasa seiring pemilu serentak ini, capaian Gerindra Jember cukup bagus. Meski belum bisa memenangkan capres 02 di Jember, tapi secara umum perolehan suara Gerindra mengalami peningkatan dibanding pemilu sebelumnya,” katanya.

Dibanding pemilu sebelumnya, menurut Fatkhul, suara Gerindra di TPS cukup merata. “Hanya saja memang, perolehan suara masing-masing caleg sangat beragam. Semangat dan kemampuan caleg juga beda-beda. Semakin kuat persaingan antarcaleg, baik sesama caleg Gerindra maupun dengan caleg partai lain, cukup mempengaruhi perolehan suara di tiap TPS itu,” kata mantan wartawan radio ini. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar