Politik Pemerintahan

Panaskan Mesin Dukungan di Ponorogo

Gerakan BerkAH Deklarasikan Airlangga Hartarto Presiden

Gerakan BerkAH saat mendeklarasikan Airlangga Hartarto di salah satu restoran di Ponorogo. (Foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Hajatan pemilihan presiden (Pilpres) di Indonesia memang masih tahun 2024. Namun, mesin-mesin kandidat calon presiden (capres) sudah mulai dipanaskan di berbagai daerah. Di Ponorogo, komunitas warga yang tergabung dalam Gerakan Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto (Gerakan BerkAH) menyatakan dukungan kepada Airlangga Hartarto untuk menjadi Presiden Indonesia pada Pilpres 2024.

Gerakan BerkAH meyakini bahwa sosok Airlangga Hartarto bisa menjadi suksesor dari Presiden Joko Widodo nantinya. Hal tersebut berlandaskan rekam jejak Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian dan Ketua Umum DPP Partai Golkar.

“Bapak Airlangga Hartarto sudah terbukti mampu menjalankan amanat dari Presiden Jokowi sebagai Menteri Koordinator Perekonomian dengan baik,” kata Juru bicara Gerakan BerkAH, Rega Aditya (23), Senin (21/2/2022).

Di masa pandemi ini, sebagai Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto bisa membawa Indonesia keluar dari jurang resesi akibat pandemi Covid-19. Selain itu, berbagai kebijakan Pemerintah di bawah koordinasi Menko Airlangga, seperti Kartu Prakerja benar-benar bermanfaat bagi masyarakat ketika pandemi ini. Sebab, kartu tersebut bisa sebagai jaring pengaman sosial di tengah pandemi.

“Saya lihat Kartu Prakerja ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat ketika pandemi ini. Masyarakat bisa mendapat uang tunai per bulan, sekaligus mendapatkan peningkatan skill yang dibutuhkan. Selain itu, juga ada program KUR UMKM, dan dari program tersebut, kita saksikan Pak Airlangga memiliki keberpihakan yang jelas terhadap ekonomi rakyat,” kata Rega.

Untuk itu, bersama komunitas masyarakat Ponorogo yang memiliki visi sama, Gerakan BerkAH dideklarasikan di Ponorogo dan menyatakan dukungan terhadap Airlangga Hartarto sebagai Presiden. Gerakan BerkAH Ponorogo juga menggelar diskusi untuk menyerap aspirasi dari masyarakat, terutama terkait isu ekonomi dan kesejahteraan sosial serta kepemimpinan nasional.

“Aspirasi ini yang akan kami sampaikan ke Ketua umum (Ketum) Airlangga. Dan semoga, Pak Airlangga Hartarto bisa menjadi presiden, agar Indonesia lebih baik lagi,” tandasnya.

Wakil Sekretaris DPD Golkar Ponorogo Laili Humam Miftahuddin mendukung penuh deklarasi yang diinisiasi oleh Gerakan BerkAH. Apalagi, deklarasi yang dilakukan ini merupakan inisiasi dari anak-anak muda dan masyarakat sipil.

“Deklarasi ini luar biasa, karena diinisiasi anak muda bersama dengan masyarakat dari lintas organisasi dan kelompok masyarakat. Saya yakin, Ketum Airlangga adalah sosok yang pas untuk memimpin Indonesia ke depan,” ungkap pria yang biasa disapa Humam ini.

Humam mengungkapkan, Golkar Ponorogo, sesuai arahan dan instruksi DPP, akan melakukan sosialisasi internal terkait pencalonan Ketum Airlangga. Nantinya, jika sudah waktunya akan bergerak di ranah yang lebih aplikatif dan menyentuh langsung masyarakat. “Tetapi paling penting adalah melalui Gerakan BerkAH ini kolaborasi masyarakat sipil dengan partai politik dapat terjalin baik,” pungkas Humam.

Sejauh ini Gerakan BerkAH yang diawali pada Oktober 2021 telah berlanjut di berbagai kota lainnya di Jawa Tengah dan kemudian di Jawa Barat. Saat ini sejumlah kota di Jawa Timur seperti Madiun, Surabaya dan Malang juga telah mendeklarasikan Gerakan BerkAH.

Di bumi reyog, Gerakan BerkAH mendeklarasikan Airlangga Presiden bersama dengan puluhan warga dari berbagai komunitas, mulai dari anak muda, PKL, pemimpin organisasi masyarakat, akademisi dan kaum santri. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar