Politik Pemerintahan

Genjot Kinerja, Sejumlah OPD Akan Dilebur

Sekda Ponorogo Agus Pramono [Foto: dok/beritajatim.com]

Ponorogo (beritajatim.com) – Dengan alasan untuk kinerja yang produktif, upaya Pemkab Ponorogo meleburkan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) kian menjadi kenyataan. Hal itu seiring dimatangkannya proses evaluasi struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) pemkab.

“Bapak bupati sudah setuju. Beberapa OPD akan kita lebur jadi satu, karena ada tugas pokok dan fungsinya hampir sama,” kata Sekda Agus Pramono, Sabtu (26/10/2019).

Agus mengungkapkan, pembahasan evaluasi masih berlangsung. Namun Dia menyebut bahwa peleburan sejumlah OPD sudah hampir pasti. Salah satunya Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) yang melebur ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Selain itu ada Dinas Ketahanan Pangan (DKP) ke Dinas Pertanian (Disperta). “Juga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) akan kembali ke Dinas Pariwisata (Dispar). Evaluasi ini untuk meningkatkan efektifitas dan produktifitas kinerja pemkab,” kata Agus.

Selain Dinas, Pemkab juga melebur bagian di sekretariat daerah. Serta akan membentuk bagian baru. Yakni bagian perencanaan dan keuangan akan dibentuk baru. Selain itu, nantinya bagian sumber daya alam (SDA) juga akan dilebur dalam bagian ekonomi.

Kebijakan ini, kata Agus, merupakan rekomendasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Kami juga telah mempersiapkan rancangan peraturan daerah (Raperda) untuk mengakomodir perubahan itu,” pungkasnya. [end/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar