Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Gelar Lomba Dayung Perahu Karet, Target TNI AL Bibit Atlet Muda

Hari Ulang Tahun Pasmar 2 yang ke 21 TNI Angkatan Laut, salah satu kegiatannya menggelar lomba rubber boat race dan obstacle Slalom 2022.

Surabaya (beritajatim.com) – Banyak cara untuk memperingati Hari Ulang Tahun Pasmar 2 yang ke 21 TNI Angkatan Laut, salah satu kegiatannya menggelar lomba rubber boat race dan obstacle Slalom 2022.

Kegiatan tersebut rencananya akan digelar di Monumen Kapal Selam (Monkasel) Surabaya 25-27 Maret. Setidaknya ada 6 nomor yang dilombakan yakni Obstacle slalom rubber boat umum putra 200m, Obstacle slalom rubber boat TNI Polri wilayah Jatim 200m, Obstacle slalom rubber boat umum putri 200m, Obstacle slalom rubber boat youth u18 putra 200m, Obstacle slalom rubber boat youth u18 putri 200m, dan Race rubber boat umum TNI Polri wilayah Jatim 200m.

Persaingan untuk meraih gelar juara semakin ketat karena para peserta tidak hanya dari unsur TNI, melainkan dari Polri, pelajar maupun masyarakat umum.

“Saat ini sudah ada 92 peserta yang mendaftar, bahkan ada yang dari Jabar maupun Jateng,” kata Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan, SE,MM,MSc,CHRMP, Rabu (16/3/2022).

Hal ini tidak menutup kemungkinan jumlah peserta itu akan bertambah hingga menjelang hari lomba, namun pihak panitia tetap memberikan batasan baik atlet maupun penonton karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

“Kita juga sudah koordinasi dengan Pemda maupun aparat terkait termasuk Satgas Covid-19, dengan PPKM level 2 ini kita juga membatasi atlet maupun penonton dan menerapkan protokol kesehatan,” kata Brigjen TNI (Mar) Suherlan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kegiatan HUT Pasmar 2 ini diisi dengan beberapa kegiatan olahraga, vaksinasi dan bhakti sosial. Kegiatan ini juga sesuai dengan arahan dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dan Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen Widodo Dwi Purwanto agar TNI AL berperan aktif mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul.

Alasan dipilihnya lomba dayung perahu karet karena disesuakan dengan tugas Marinir sebagai pasukan pendarat. Selain itu juga mengenalkan kepada masyarakat tentang kegiatan perairan yang tidak hanya untuk berolahraga namun juga bisa menjadi destinasi wisata.

“Kegiatan ini akan menjadi kalender tahunan, selain ada unsur keolahragaan juga ada unsur wisata karena Surabaya Kota Bahari. Kegiatan ini juga digelar di Monkasel sehingga menghasilan kesarn Surabaya Kota Bahari,” katanya.

Pihak penyelenggara juga merangkul beberapa organisasi kemasyarakatan dan olahraga seperti Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI), BNPB dan Bazarnas. ” Kita bersinergi dengan organisasi olahraga dan kemasyarakat untuk menyiapkan kader penanggulangan bencana alam, sehingga nantinnya mereka bisa mengoperasionalkan perahu karet,” tutupnya. [way/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar