Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Gelar Audiensi, Ketua DPRD Apresiasi dan Sambut Langkah BPD Lamongan

Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H Abdul Ghofur saat menggelar audiensi bersama BPD Lamongan, di Ruang Rapat DPRD

Lamongan (beritajatim.com) – Ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H Abdul Ghofur menggelar audiensi dengan Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Lamongan, di Ruang Rapat DPRD, Rabu (25/8/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Asosiasi BPD Lamongan, Suparno S.Pd didampingi para pengurus dan anggota BPD lainnya mengungkapkan bahwa kedatangan mereka dalam audiensi ini dalam rangka membawa sejumlah aspirasi dari seluruh BPD di Kabupaten Lamongan.

“BPD merupakan lembaga pemerintahan desa yang sangat penting keberadaannya. Untuk itu kami menginginkan adanya peningkatan kapasitas BPD sebagaimana undang-undang agar tupoksi dan parameter pekerjaan ini segera terukur,” ungkap Suparno kepada wartawan.

Selain itu, Suparno juga menjelaskan bahwa fungsi BPD hendaknya diperankan sesuai amanat Permendagri 110 dan undang-undang, untuk disertakan dan diterapkan di masing-masing desa di wilayah kabupaten Lamongan.

“Selanjutnya kami juga meminta fasilitas dari sinkronisasi lembaga BPD dengan pemerintahan agar terjadi, sehingga terbentuk pemerintahan desa yang transparan dan akuntabel,” imbuh Suparno.

Tak hanya itu, Suparno menilai, selama ini tunjangan operasional BPD di Lamongan sangat kurang. Oleh karena itu, menurut Suparno, perlu adanya kenaikan insentif dan dana operasional untuk kegiatan BPD. “Terakhir, kami atas nama Asosiasi BPD meminta adanya BPJS Ketenagakerjaan sekaligus kendaraan Dinas bagi BPD Lamongan,” lanjutnya

Sehubungan dengan hal tersebut, Ketua DPRD Lamongan H Abdul Ghofur menyambut ramah kedatangan Asosiasi BPD Lamongan dan sangat mengapresiasi atas langkah yang dilakukan oleh mereka tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi dan sepakat atas aspirasi yang disampaikan oleh BPD Lamongan dalam menaikkan dana operasinal BPD. Kami menilai, bahwa hal itu agar tupoksi serta kinerja BPD semakin baik dan maksimal dalam membantu tugas-tugas pemerintahan desa,” terang Abdul Ghofur yang juga ketua DPC PKB Lamongan tersebut.

Lebih jauh, Abdul Ghofur juga menuturkan, dalam rangka mendukung layanan kepada masyarakat, pihaknya akan mengupayakan nantinya setiap desa wajib menyediakan sekretariat BPD. “Mudah-mudahan melalui kesempatan yang baik ini, ke depan apa yang kita harapkan ini bisa terwujud. Serta BPD Lamongan semakin meningkat kapasitas dan perannya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam audiensi tersebut di antaranya, sejumlah perwakilan Asosiasi BPD Lamongan, bagian hukum, BPMD, dan salah satu anggota komisi A, Hamza Fansuri. [riq/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar