Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Gedung Uji Kir Gresik Ditarget Selesai Akhir 2021

Gresik (beritajatim.com) – Pembangunan gedung uji kir kendaraan milik Pemkab Gresik ditarget selesai sebelum tutup tahun 2021. Gedung yang berlokasi di Jalan Raya Cerme tersebut menelan anggaran Rp 10 miliar.

Saat ini progres pembangunan gedung uji tersebut, terus berjalan untuk memenuhi pelayanan masyarakat.

Pemkab setempat harus menyelesaikan pengerjaan gedung uji kir tahun ini. Apabila tahun depan Pemkab Gresik belum juga memiliki gedung uji kir, terancam kehilangan pendapatan dari sektor ini. Pasalnya, layanan ini setiap tahunnya menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 2 miliar.

Seperti diketahui, pelayanan uji kir menumpang milik Pemprov Jatim yang berlokasi di Jalan Wahidin Sudirohusodo. Gedung ini dijadikan Kantor Samsat Bersama. Saat ini pun pelayanan di Samsat tersebut sudah berjalan. Tapi pelayanan uji kir masih numpang di sana.

Karena belum memiliki gedung baru, Pemkab Gresik mendapat kompensasi dari Pemprov Jatim. Yakni dengan estimasi waktu sampai akhir tahun 2020 kemarin untuk beres-beres pindahan.Tapi, rencana pembangunan gedung tersebut gagal di 2020 karena refokusing anggaran.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik Tursilowanto Hariogi mengatakan, pihaknya sudah bertemu dengan kontraktor proyek. Jika dilihat progresnya, November 2021 nanti alat Uji Kir sudah bisa diboyong ke gedung baru.

“Pemindahan alat ini memakan waktu satu bulan. Informasinya, gedung bagian depan untuk tempat alat ini dikebut selesai November 2021,” ujarnya, Selasa (5/10/2021).

Tursilo optimis apabila gedung baru Uji Kir itu akan selesai tempat waktu. Hal ini karena akhir tahun ini Pemkab Gresik harus pindah dari gedung lama karena akan difungsikan oleh Pemprov Jatim.

“Kami mendapatkan hibah dari Pemprov Jatim. Jadi tinggal dipindah saja. Karena kalau beli juga mahal,,” pungkasnya. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar