Politik Pemerintahan

Gaspol, Wagub Jatim Bahas Potensi Ekonomi Jatim dengan Dubes RI untuk Kolombia

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak menerima kunjungan Duta Besar RI untuk Kolombia Priyo Iswanto dan Direktur Amerika II Darianto Harsono di ruang kerja Wakil Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan No 110 Surabaya.

Emil Dardak menyambut positif kunjungan ini. “Kami menyambut positif peluang ini sekaligus mempersiapkan agar tidak sekadar investasi saja, melainkan partnership. Sehingga, ada manfaat yang diperoleh di luar ekonomi, kita juga bisa menambah nilai jual dari apa yang kita ambil dari Kolombia, kemudian kita kirim kembali ke Kolombia,” kata Emil.

Duta Besar RI Untuk Kolombia Priyo Iswanto menjelaskan, silaturahmi ini dalam rangka mencari masukan terkait peluang investasi di Jawa Timur.

Emil yang kebetulan pernah berkunjung secara langsung ke Kolombia pada 2016 dalam rangka menghadiri konferensi UCLG mengungkapkan, Kolombia butuh penetrasi ke Asean, maka Jawa Timur bisa menjadi tempat yang menjadi rujukan. “Mengingat Jawa Timur masih menjadi kekuatan ekonomi kedua terbesar di Indonesia, sebagian besar perdagangan di dalam negeri masih mengandalkan Jawa timur,” ungkap mantan Wakil Presiden UCLG ini.

Senada dengan Emil, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Jatim, Drajat menjelaskan, ekspor terbesar ke Kolombia adalah olahan karet seperti ban dan sabun dengan nilai 4 juta dollar AS. Sedangkan, impor meliputi kulit mentah, mesin dan produk kimia dengan nilai 1,5 juta dollar AS. Sehingga, masih surplus dan sangat memungkinkan membuka peluang untuk melanjutkan perdagangan. Di akhir diskusi, Emil berharap dalam waktu dekat, peluang-peluang kerja sama dan investasi dapat segera direalisasikan. (tok/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar