Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Ganjarist Jember: Relawan Ganjar-Jokowi Bergabung, Kekuatannya Luar Biasa

Ketua Ganjarist Jember Agus Hadi Santoso

Jember (beritajatim.com) – Ganjarist Kabupaten Jember, Jawa Timur, bersyukur jika akhirnya seluruh relawan pendukung Presiden Joko Widodo ikut memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo menjadi calon presiden pada Pemilu 2024.

Hal ini diungkapkan Agus Hadi Santoso, Ketua Ganjarist Jember yang juga Ketua Projo Jember. Ganjarist adalah nama kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo. Sementara Projo atau Pro Jokowi adalah nama kelompok pendukung Jokowi.

“Kami menghadiri Rapat Kerja Nasional V Projo di Magelang, 21 Mei 2022, yang dihadiri Pak Jokowi selaku pembina dan Mas Ganjar selaku gubernur Jawa Tengah. Projo menginginkan saran atau arahan dari Pak Jokowi selaku pembina Projo, arah dukungan kami ke mana dalam pemilihan presiden,” kata Agus, ditulis Minggu (29/5/2022).

Jokowi rupanya dalam pembukaan rakernas tersebut melontarkan sinyal dukungan sebagaimana diharapkan Agus. Saat itu, Jokowi meminta agar dalam urusan politik, Projo tidak tergesa-gesa. “Ojo kesusu sik. Jangan tergesa-gesa. Meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini,” katanya disambut sorakan anggota Projo.

Menurut Agus, 95 persen anggota Projo berharap Jokowi mendukung Ganjar. “Relawan-relawan Jokowi yang lain juga hadir di acara itu. Tampaknya sama, mereka ingin arahan Pak Jokowi ke Ganjar Pranowo,” katanya. Namun nantinya akan ada forum nasional yang memutuskan arah dukungan para relawan Jokowi secara resmi.

“Tapi dari statement itu, kami bisa menyimpulkan, sementara ini Pak Jokowi ingin yang menjadi penerusnya adalah Mas Ganjar. Itu sesuai dengan hati nurani teman-teman Projo dan relawan Jokowi lainnya yang hari ini disuruh menunggu oleh Pak Jokowi,” kata mantan anggota legislator DPRD Jember dari PDI Perjuangan ini.

Projo saat ini masih menunggu instruksi Jokowi. “Hari ini yang sudah berjalan adalah Ganjarist dan kelompok relawan Ganjar yang lain yang bergerak tanpa menunggu instruksi Jokowi,” kata Agus.

Agus berharap para relawan Jokowi akan menjadi relawan Ganjar. “Walaupun sebetulnya Pak Ganjar sudah memiliki kelompok-kelompok relawan yang motornya adalag Ganjarist. Ada irisan-irisan personelnya dengan relawan Jokowi, tapi tidak semuanya,” katanya.

“Kalau relawan Ganjar bergabung dengan relawan Jokowi, kami anggap kekuatan Ganjar luar biasa. Belum lagi partai-partai yang merekomendasi Ganjar. Kami akan mendapatkan keuntungan besar, jika relawan Jokowi suatu saat akan memilih Ganjar, itu akan meringankan pekerjaan relawan Ganjar, terutama Ganjarist yang jadi motor utama dalam proses menaikkan elektabilitas Ganjar,” kata Agus.

Khusus di Jember, menurut Agus, ada sejumlah anggota Projo yang sudah bergabung dengan Ganjarist. Sebagian adalah mantan pengurus struktural PDI Perjuangan di Jember. “Tapi masih banyak relawan Projo yang belum bergabung dengan Ganjarist. Kami ingin kita satu keinginan akan mendukung Ganjar. Akan menarik lagi jika PDI Perjuangan bisa mendukung Pak Ganjar atau merekomendasikan Ganjar jadu presiden, pekerjaan akan makin ringan,” katanya. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar