Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Gandeng UB Malang, Tes Perangkat Desa di Kabupaten Kediri Berjalan Ketat

Kediri (beritajatim.com) — Tes perangkat desa berlangsung di Balai Desa Sumberagung, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri. Seleksi ini diikuti oleh sebanyak 63 peserta yang berasal dari Desa Wonorejo, Jajar, Tunge, Tempurejo dan Janti.

Tes diawali dengan persiapan oleh para peserta. Masing-masing telah membawa perlengkapan mulai dari alat tulis, kartu peserta hingga identitas peserta.

Setelah persiapan rampung, peserta langsung mengisi data pribadi dan mengerjakan berbagai soal yang telah disediakan. Seleksi dibagi menjadi tiga tahap. Pertama tahap tes tulis pengetahuan umum, kedua psikotes, ketiga tes komputer.

Tes perangkat desa ini bertujuan untuk mengisi jabatan yang kosong di setiap desa. “Untuk peserta yang lolos nantinya akan mengisi beberapa jabatan yang dibutuhkan dari masing-masing desa, seperti sekretaris desa, kasun, kaur pelayanan, kaur perencanaan, kaur keuangan, dan perangkat desa lainnya,” ujar Camat Wates, Arif Gunawan.

Masih kata Arif, tes perangkat ini benar-benar dilaksanakan secara ketat dengan mendatangkan tim dari Universitas Brawijaya Malang yang akan menilai kemampuan peserta. Sehingga, akan terlihat mana peserta yang memang berkompeten dan handal untuk membantu dan mampu bekerjasama dengan pihak desa.

Para peserta sangat berantusias mengikuti tes kali ini. Tampak dari keseriusan wajah para peserta ketika mengerjakan soal agar lolos menjadi perangkat desa.

Keseluruhan hasil tes akan dikirim ke Convention Hall SLG, dan untuk hasilnya akan diumumkan setelah keputusan dari tim penilai Universitas Brawijaya.

Camat Wates berharap dengan adanya tes perangkat ini, para peserta yang lolos nantinya dapat menjadi perangkat desa yang handal dan berkualitas, sesuai dengan harapan masyarakat serta dapat membangun desanya lebih maju lagi. [adv kominfo/nng]


Apa Reaksi Anda?

Komentar