Politik Pemerintahan

GAMKI Rakernas di Surabaya, Akan Dibuka Menpora dan Dihadiri Wakil Dubes Palestina

Surabaya (beritajatim.com) – Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) melaksanakan Rapat Kerja Nasional I (Rakernas) pada tanggal 31 Januari sampai 2 Februari 2020 di Hotel Garden Palace, Kota Surabaya, Jawa Timur. Rakernas ini akan dihadiri oleh pengurus DPD GAMKI dari seluruh Indonesia.

Alan Singkali, Ketua DPP GAMKI Bidang Organisasi dan Keanggotaan menuturkan bahwa, dalam Rakernas ini GAMKI akan kembali menguatkan nilai historis organisasi dan semangat kebangsaan di tengah pemuda Kristen Indonesia.

“GAMKI yang cikal bakalnya sudah ada sejak tahun 1945 dan turut terlibat dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia melihat pentingnya memupuk semangat nasionalisme dan rasa saling memiliki di antara pemuda Indonesia. Melalui Rakernas ini GAMKI akan mengkonsolidasikan semua potensi dan jejaringnya untuk membangun Indonesia bersama-sama,” ujar Alan, Jumat (31/1/2020).

Alan menegaskan bahwa bagi GAMKI, NKRI berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila sudah final dan tidak dapat ditawar-tawar lagi. Namun yang menjadi persoalan saat ini adalah bagaimana mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

*Tema GAMKI selama kepengurusan ini adalah ‘Usahakan Kesejateraan Kota Dimana Kamu Berada dan Doakanlah’. Maka GAMKI akan konsisten menyuarakan perlawanan terhadap diskriminasi dan intoleransi, serta berusaha mewujudkan keadilan dan kesejahteraan bagi siapapun tanpa membedakan suku, agama, dan golongan,” pungkasnya.

Senada dengan itu, Rafael Obeng selaku Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) GAMKI Jawa Timur sekaligus sebagai tuan rumah acara mengharapkan dengan kehadiran seluruh perwakilan GAMKI, serta tokoh-tokoh nasional, semangat GAMKI bersama seluruh pemuda Kristen Indonesia akan menyala untuk bersama membangun negeri.

“Pemuda adalah tunas bangsa yang akan terus bertumbuh demi kemajuan Indonesia. Maka dari itu, sebagai Pemuda Kristen tidak boleh berdiam, tetapi harus terus belajar serta menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan di negeri ini,” ucapnya.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan study meeting dan seminar yang membahas isu-isu vital bagi negeri ini, dilanjutkan dengan ibadah syukur Natal, kemudian ditutup dengan rapat internal Pengurus.

Seminar I bertemakan “Merekonstruksi NKRI Yang Sudah Final Sebagai Negara Pancasila Dalam Kontestasi Peradaban Dunia Menyongsong Satu Abad Indonesia Merdeka” dengan narasumber Aminuddin Ma’ruf (Staf Khusus Presiden), Iman Hasiholan Togu Sirait (Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP), Muhammad Imdadum Rahmat (Wasekjen PBNU), Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty (Sekretaris Umum MPH PGI), dan Pdt. Daniel Tumbel (Pengurus PGPI).

Dalam seminar II, tema yang akan dibahas adalah “Jokowi Bersama Masa Depan Papua Pasca Otonomi Khusus”. Materi tersebut akan dibawakan oleh Dr. Bahtiar (Plt. Dirjen Politik dan PUM), Dr. Hendrik H. J. Krisifu (Dekan Fakultas Hukum Universitas Cendrawasih), Pdt. Andrikus Mafu (Ketua Sinode GKI Tanah Papua), dan Benny Giay (perwakilan tokoh agama).

Tema study meeting III adalah “Wirausaha Untuk Generasi Milenial Menjemput Puncak Bonus Demografi 2020”. Adapun pembicara yang akan membawakan materi ini adalah Billy Mambrasar (Staf Khusus Presiden), Komjen. Pol. Dharma Pongrekun (Wakil Kepala BSSN), dan Nasrun (Asisten Deputi Pengembangan Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM).

Kemudian, tema materi keempat adalah “Omnibus Law Klaster Ketenagakerjaan: Tarik Ulur Kepentingan Investasi dan Perlindungan Pekerja/Buruh”. Materi ini akan dibawakan oleh Haiyani Rumondang (Dirjen Pembinaan Hubungan Industri dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kementerian Ketenagakerjaan), Dr. Wahyudi Wibowo (Dosen Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala), Umbu Rauta (Dosen Fakultas Hukum UKSW), dan Timboel Siregar (perwakilan BPJS Watch).

Sementara itu, rangkaian Rakernas akan dibuka langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dr. H. Zainudin Amali, M.Si. Kemudian akan ada sambutan dan pesan kebangsaan dari Anggota DPD RI Angelius Wake Kako mewakili Ketua DPD RI, dan Taher Ibrahim Abdallah Hamad (Wakil Duta Besar Palestina untuk Indonesia).

Rakernas ini dihadiri oleh pengurus GAMKI sebanyak 200 orang, terdiri dari DPP GAMKI, MPO DPP GAMKI, serta utusan dari 24 DPD GAMKI yang datang dari seluruh penjuru Indonesia, serta peserta undangan lainnya sebanyak 250 orang.

GAMKI merupakan organisasi kepemudaan berbasis Kristen yang berdiri sejak tahun 1945, dengan Ketua Umum, Willem Wandik dan Sekretaris Umum, Sahat MP Sinurat. Willem Wandik merupakan salah satu putra terbaik asli Papua yang saat ini juga aktif menjabat sebagai anggota DPR RI Komisi V periode 2019-2024. Sementara, Sahat Sinurat adalah putra daerah asal Sumatera dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia).(ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar