Politik Pemerintahan

Gaji Pegawai Honorer di Kabupaten Malang Naik Rp 500 Ribu

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Malang menaikkan gaji pegawai honorer hingga Rp 500 ribu per bulan. Kenaikan gaji tersebut sudah diketok sejak bulan Oktober 2020.

Kepala Badan Keuangan Aset Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Kurniati, mengatakan, untuk pegawai honorer dengan pendidikan sarjana gaji bulanannya menjadi Rp 2.500.000 setelah sebelumnya Rp 2 juta.

Sementara untuk pegawai honorer dengan pendidikan D3, gajinya menjadi Rp 2.400.000 setelah sebelumnya Rp 1.900.000. Terakhir untuk pegawai honorer dengan pendidikan SMA mendapat gaji 2.200.000 setelah sebelumnya hanya Rp 1.800.000.

“Kami memang ratakan semua untuk kenaikan gaji honorer. Kenaikan ini merupakan apresiasi kami terhadap kinerja para honorer. Karena selama tiga tahun belakang belum ada kenaikan gaji sama sekali,” ungkap Wahyu, Selasa (3/11/2020).

Wahyu menjelaskan, anggaran yang disiapkan untuk penambahan gaji honorer itu adalah Rp 4,5 miliar untuk 3000 pegawai honorer yang ada di Kabupaten Malang. “Sudah kami cairkan kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) masing-masing. Itu untuk jangka waktu 3 bulan, yakni Oktober, November, dan Desember,” tegasnya.

Wahyu melanjutkan, beberapa pegawai honorer di OPD pun memang ada yang belum mendapatkan gaji bulanan yang sudah dinaikkan ini.

“Memang masih ada pegawai honorer yang masih belum dapat kenaikan. Itu semua tergantung kepala OPDnya dikasihkan kapan,” ujar Wahyu.

Namun, untuk pegawai honorer tidak perlu risau. Kata Wahyu kemungkinan kalau gaji tambahan itu belum dibayar, maka Kepala OPD mengambil kebijalan merapel gaji.

“Jadi kalau Oktober, November ini gajinya masih tetap (belum ditambah Rp 500 ribu). Jadi ya Desember itu sudah Rp 1,5 juta diberikan,” pungkasnya. [yog/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar