Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Fraksi Pandekar Terima LPP APBD Jember 2020 dengan Catatan

Agusta Jaka Purwana

Jember (beritajatim.com) – Fraksi Pandekar DPRD Jember, Jawa Timur, menerima Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (LPP APBD) Tahun Anggaran 2020 dengan catatan.

“Pandangan akhir ini kami sampaikan dengan berat hati dan beban moral politik,” kata juru bicara Fraksi Pandekar Agusta Jaka Purwana, dalam sidang paripurna pandangan akhir fraksi terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2020, di gedung DPRD Jember, Rabu (14/7/2021).

Ada enam rekomendasi yang disodorkan Fraksi Pandekar. “Pertama, mendorong bupati untuk melakukan akselerasi penyelesaian atas tindak lanjut hasil audit BPK (Badan Pemeriksa Keuangan),” kata Agusta.

Kedua, Pandekar meminta bupati agar memastikan keberadaan dana Rp 107.097.212.169,00 agar bisa dipertanggung jawabkan secara hukum dan aman dalam kas Bendahara Daerah. ‘Kami juga meminta dan mengingatkan bupati agar tidak menggunakan peraturan kepala daerah dalam membentuk dan menjalankan APBD berikutnya, demi kepentingan dan kemaslahatan rakyat Jember,” kata Agusta.

Pandekar merekomendasikan segera dilakukannya penataan birokrasi kembali dengan mengisi jabatan secara definitif untuk mengakselerasi pelaksanaan pembangunan daerah. “Kami meminta dan mendorong Pansus Covid 19 untuk terus bekerja selama Pemkab Jember masih mengalokasikan anggaran penanganan dan pemulihan covid 19 beserta dampak ikutan yang ditimbulkannya dalam APBD selanjutnya,” kata Agusta.

Terakhir, Pandekar meminta Pimpinan DPRD Jember untuk memantau tindak lanjut Lapiran Hasil Pemeriksaan BPK oleh bupati dan mengambil langkah hukum yang semestinya, manakala pada hasil evaluasi Gubernur atas tindak lanjut LHP BPK ditemukan penyimpangan penggunaan anggaran yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. [wir/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar