Politik Pemerintahan

Fraksi Golkar Apresiasi Pers Ikut Tangkal Berita Hoaks di Era Pandemi

Kodrat Sunyoto bersama Ketua Pokja Wartawan Indrapura dan Pahlawan saat memberikan cinderamata.

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim, Kodrat Sunyoto melakukan silaturahmi dengan wartawan politik yang sehari-hari bertugas di DPRD Jatim (Pokja Indrapura) dan Pemprov Jatim (Pokja Pahlawan). Silaturrahmi dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes).

“Saya dan keluarga besar Fraksi Golkar ingin mengapresiasi rekan-rekan yang kemarin merayakan Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari. Dalam suasana pandemi Covid-19, ternyata Pers tetap konsisten menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat secara aktual dan kritis. Salah satunya adalah informasi perkembangan Covid-19. Saya ucapkan terima kasih dan selamat HPN 2021 dan Harlah PWI ke-75,” kata Kodrat Sunyoto mepada Wartawan di Surabaya, Sabtu (13/2/2021).

Menyitir pernyataan Ketua PWI Pusat dan Penanggung Jawab HPN 2021 yang menyatakan bahwa Pers dan Media sedang sakit. Tetapi nyatanya pers tetap menjadi jembatan komunikasi dan informasi.

Pihaknya mengakui bahwa pers dalam sejarah kebangsaan dalam situasi dan kondisi sesulit apapun, sudah terbukti tetap memberikan konstribusi kepada seluruh warga di negeri ini.

Terlebih pers sebagai pilar demokrasi keempat terus mengawal pembangunan. Namun, tantangan pers juga makin berat sebab pers tidak saja dituntut menyajikan karya karya jurnalistiknya, melainkan harus mampu mengeliminir berita hoaks yang makin meresahkan di sosial media.

Kodrat mengakui, saat ini banyak masyarakat yang kurang mempedulikan keabsahan informasi tersebut. Mereka sering hanya sebatas membaca judul atau lead berita saja. Padahal, tidak sedikit informasi yang disajikan itu berupa hoaks dan ujaran kebencian yang mempengaruhi pola pikir masyarakat.

Sinergitas partai Golkar dengan media harus lebih ditingkatkan dalam membangun Jawa Timur yang lebih sejahtera dan saling memberikan manfaat. “Kami berusaha terus menjalin hubungan dan bersinergi sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat untuk mencapai kesejahteraan, kemakmuran, dan berkeadilan,” tandas anggota DPRD Jawa Timur asal Dapil Jatim Gresik-Lamongan ini.

Ke depan menghadapi Pemilu serentak 2024, berdasarkan keputusan MK bahwa Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Dewan Perwakilan Rakyat di tingkat pusat menjadi kesatuan, maka dalam perjalanan tentu masih membutuhkan diskusi-diskusi yang lebih intens dengan pers. “Golkar sebagai partai politik senantiasa terbuka dengan media, termasuk memberikan saran dan kritik, tentu kritik konstruktif untuk kemajuan organisasi,” pungkas Kodrat yang juga Ketua DPD Ormas MKGR Jatim ini. (tok/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar