Politik Pemerintahan

Fraksi GIB: Bupati Faida Gagal Jalankan Amanat Rakyat

Juru bicara Fraksi GIB Ardi Pujo Prabowo

Jember (beritajatim.com) – Fraksi Gerakan Indonesia Berkarya mendukung pemakzulan Bupati Faida dalam sidang paripurna di gedung DPRD Jember, Jawa Timur, Rabu (22/7/2020). Fraksi gabungan legislator Partai Gerindra, Perindo, dan Berkarya ini menilai Bupati Faida gagal jalankan amanat.

“Terlalu banyak fakta keburukan, kegagalan, pelanggaran dan segala carut marut berjalannya Pemerintahan Kabupaten Jember sejak kepemimpinan Bupati Faida. Pemerintah Kabupaten Jember dibawah kepemimpinan Faida telah gagal menjalankan amanat rakyat untuk mengelola anggaran uang rakyat,” kata juru bicara Fraksi GIB Ardi Pujo Prabowo.

Fraksi GIB menilai hak menyatakan pendapat dilakukan demi menyelamatkan Kabupaten Jember. “Kami meminta kepada pimpinan DPRD Kabupaten Jember pada hari ini juga segera mengeluarkan surat keputusan DPRD tentang hak menyatakan pendapat ini,” kata Ardi.

Bupati Faida sendiri dalam pernyataan tertulisnya yang dikirim ke DPRD Jember menilai usulan hak menyatakan pendapat itu tak prosedural. Dia juga merasa telah dirugikan, karena tidak mendapat dokumen materi dan alasan pengajuan usulan pendapat oleh pengusul hak menyatakan pendapat (HMP).

“Bupati Jember tidak dapat mengetahui secara pasti dan mendalam mengenai materi dan alasan pengajuan usulan pendapat oleh DPRD. Selain membawa kerugian bagi bupati, maka dari aspek hukum sebagai konsekuensi tidak diserahkannya dokumen materi dan alasan pengajuan usulan pendapat juga menyebabkan usulan hak menyatakan pendapat ini tidak memenuhi prosedur sebagaimana ditetapkan dalam pasal 78 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018,” katanya. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar