Politik Pemerintahan

FPI Demo Tolak RUU HIP Depan DPRD Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Ratusan massa Front Pembela Islam (FPI) melakukan aksi unjuk rasa menolak Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila  (HIP), Jumat (10/07/2020).

Aksi tersebut diisi dengan istighosah di depan kantor DPRD Sumenep. Sekitar 500 an anggota FPI duduk bersila di Jl. Trunojoyo depan kantor DPRD membaca sholawat , berdzikir, dan berdoa bersama-sama, dipimpin Ali zainal Abidin al Jufri.

Aksi damai massa FPI ini juga untuk mengawal maklumat Majelis Ulama Indonesia (MUI). Mereka membawa poster-poster bertuliskan protes terhadap RUU HIP. Diantaranya bertuliskan ‘Cabut dan Batalkan RUU HIP’, ‘Bubarkan partai yang mengusulkan dan mendukung lahirnya RUU HIP’.

“Jangan sampai Pancasila dirubah oleh siapapun. Kalau dirubah, apakah kita akan diam atau lawan? Takbir…!” kata salah satu orator, KH Jurjiz Muzammil.

Sementara orator lain, Zamrud Khan dengan lantang menyuarakan penolakan RUU HIP. “Secara prinsip kami menolak. Kami umat islam di Sumenep juga menginginkan agar inisiator pencetus RUU HIP diseret ke ranah hukum. Kami yakin penegak hukum pro Pancasila dan akan mempertahankan Pancasila,” ujarnya.

Seperti diketahui rancangan Undang-undang ini dianggap kontroversial karena akan mengubah Pancasila menjadi Trisila dan Ekasila. (tem/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar