Politik Pemerintahan

Foto Selfi di TPS Sambil Gendong Anak, Ibu Rumah Tangga Dapat Kejutan

Juara I lomba foto selfi fi TPS menerima hadiah sembari menggendong anak

Jombang (beritajatim.com) – Dwi Mayasari (30), warga Desa Talun Kidul, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, tak bisa menyembunyikan rasa senangnya. Begitu namanya disebut oleh panitia, Dwi langsung beranjak ke depan sembari menggendong buah hatinya yang masih berusia enam bulan.

Sore menjelang Magrib, Sabtu (18/5/2019), ibu 2 anak ini mendapatkan undangan khusus dari KPU Jombang. Dwi tidak sendiri, puluhan orang hadir bersamanya di aula KPU setempat. Mereka adalah para juara lomba foto selfi (swafoto) di TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang digelar penyelenggara saat Pemilu 17 Aprl 2019.

Selain itu, hadir pula para relawan demokrasi (relasi) KPU Jombang. “Acaranya ada dua. Pertama penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba foto selfi dan pelepasan relawan demokrasi yang masa tugasnya sudah habis. Acara ditutup dengan buka bersama,” kata Ketua KPU Jombang Muhaimin Shofi saat acara.

Hal senada diungkapkan M Fatoni, Divisi Parmas (Partisipasi Masyarakat) KPU Jombang. Fatoni menjelaskan, lomba foto selfi terbuka untuk umum. Semua orang boleh mengikuti lomba tersebut. Praktis, usai pemilu, banyak warga Jombang yang mengirim foto itu ke KPU guna diikutkan lomba. Jumlah pesertanya ratusan.

Fatoni mengungkapkan, ada tiga kategori lomba, yakni foto selfi terbaik, foto selfi terunik, serta lomba foto TPS terbaik. Masing-masing kategori diambil juara I, II dan III. “Seluruh juara sudah kita umumkan lewat website KPU. Selanjutnya, mereka kita undang ke KPU untuk menerima hadiah. Total hadiah untuk sembilan juara itu Rp 12 juta,” ujar Fatoni.

Lebih jauh, Fatoni mengatakan, lomba foto tersebut merupakan salah satu cara yang dilakukan KPU untuk merangsang ketertarikan pemilih datang TPS. Walhasil, cara itu mendapat respon posiitif. Hal tersebut dibuktikan dengan tingginya partisipasi pemilih dalam Pilpres dan Pileg 2019 di Jombang, beberapa waktu lalu.

Komisioner KPU Jombang ini menyebut, pada Pemilu 2019 tingkat partisipasi pemilih di kota santri tembus 83,48 persen. Angka tersebut cukup bagus, mengingat target partisipasi yang dicanangkan KPU RI 77,5 persen. “Nah, lomba foto selfi ini salah satu cara kami untuk mendongkrak partisipasi pemilih,” ujarnya.

Dari pengumuman lomba foto tersebut diketahui, untuk kategori TPS dengan dekorasi terbaik dimenangkan oleh TPS 07 Desa Brambang, Kecamatan Diwek, kemudian foto selfi terunik dimenangkan oleh Dwi Mayasari, sedangkan untuk selfi kategori terbaik direbut Ahmad Azmi Amiq dari Pesantren La Raiba Hanifida.

Juara I lomba foto selfi terunik, Dwi Mayasari mengatakan, foto itu diambil saat dirinya sedang antre mencoblos di TPS 08 Desa Talun Kidul, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang pada 17 April 2019. “Alhamdulillah, foto selfi saya bisa menjadi juara. Saya dari dulu memang senang selfi. Ini rezekinya anak saya. Hadiahnya bisa buat beli baju lebaran,” ujar Dwi saat berada di kantor KPU.

Dalam foto itu juga nampak aktifitas KPPS melayani pemilih. Nama TPS serta kotak suara pemilu juga terekam jelas. Menariknya lagi, saat berada di TPS, ibu muda ini berselfi sembari menggendong Naora, anak keduanya yang masih berusia 6 bulan.

Karena foto unik itu pula Dwi berhak membawa pulang uang Rp 1.750.000 berikut piagam penghargaan. Saat mengambil hadiah di kantor KPU, Dwi juga menggendong si buah hatinya, Naura. Dia maju ke depan. Kain penggendong melilit di punggungnya. Naoura yang berada di gendongan itu tidak menangis, seakan tahu bahwa sang ibu sedang menuai rezeki. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar