Politik Pemerintahan

Fatayat Lumajang Sinau Pengolahan Sampah di DLH

Lumajang (beritajatim.com) – Fatayat NU Lumajang melakukan kunjungan ke Dinas Lingkungan Hidup untuk belajar mengolah sampah bernilai ekonomis tinggi. Kegiatan ini dilakukan agar para kader Fatayat ikut ambil bagian dalam kepedulian lingkungan melalui pengolahan sampah rumah tangga.

“Kami ingin tahu seperti apa pengolahan dan memanfaatkan sampah oleh DLH,” kata Ketua Fatayat NU Lumajang, Lailatul Qodriyah pada beritajatim.com, Selasa (17/11/2020).

Lanjut dia, Fatayat memiliki kader ibu-ibu muda yang lebih banyak di rumah dibanding berkarir. Bila dilakukan pembelajaran pengolahan sampah akan menjadikan kader penggerak lingkungan di rumah tangga dan sekitarnya.

“Kaum perempuan sehari-hari bergelut dengan sampah di rumahnya, jadi harus tahu mana yang bisa didaur ulang,” jelas perempuan yang juga anggota DPRD Jawa Timur dari Fraksi PKB itu.

Sampah menjadi persoalan bagi lingkungan sekitar. Khususnya sampah plastik yang sangat tinggi dalam penggunaan sebagai bungkus produk.

“Kalau sampah makanan bisa diolah jadi pupuk, kalau sampah plastik bisa didaur ulang menjadi produk untuk rumah juga dan nanti dijual,” terangnya.

Kadis Lingkungan Hidup, Yuli Haris mengatakan, pihaknya melibatkan banyak orang, banyak komunitas, banyak organisasi untuk bersama mengubah kebiasaan masyarakat memperlakukan sampah menjadi tantangan tersendiri. Dia pun menantang Fatayat untuk segera bekerja sama.

“Karena makin banyak emak-emak yang bergerak, makin banyak yang peduli pilah sampah, maka dunia ini makin nyaman dihuni,” jelasnya. [har/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar