Politik Pemerintahan

Fandi Utomo Tegaskan Pentingnya Catatan Sipil, Kenapa?

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam kunjungannya ke pasar tradisional di Surabaya, Sabtu (26/1/2019), Caleg DPR RI asal PKB untuk Dapil Jatim 1 Surabaya-Sidoarjo dengan nomor urut 3 Ir. Fandi Utomo mendapatkan temuan yang menarik.

Ketika berbincang dengan seorang pedagang di sana, Fandi Utomo mendapati jika Ia bersama keluarga telah bertahun-tahun tinggal dan bekerja di Surabaya serta bahkan anak mereka pun bersekolah di Kota Pahlawan. Hanya saja, secara KTP, mereka belum berKTP Surabaya.

“Jadi mereka ini masih berKTP Mojosari. Belum pindah domisili. Secara umum, ini kan tentunya merugikan mereka. Kenapa? Karena benefit terobosan pemerintah di lokasi domisili mereka tak bisa dirasakan dengan maksimal,” ujar pria yang akrab disapa FU ini.

Pencatatan sipil terkait domisili, menurut Fandi Utomo sangat penting. “Terkait pendataaan penduduk juga. Apabila mereka sudah bertahun-tahun tinggal di Surabaya, anaknya sekolah di Surabaya, tapi KTP masih Mojosari maka kan bisa saja Pemkot Surabaya tidak tahu bahwa mereka ada,” bebernya.

Di sisi lain, kemudahan-kemudahan pun, bagi mantan Wakil Ketua Komisi III ini juga perlu untuk diberikan oleh pemerintah terkait masalah ini. “Seperti misal ada titik-titik jemput bola yang disediakan bagi mereka untuk pindah domisili. Tentunya itu juga akan bagus,” tegas Fandi Utomo.

Saat bertemu para berdialog dengan para pedagang itu, pria yang santer bakal maju berkontestasi di Pilwali Surabaya 2020 ini turut menyosialisasikan dirinya yang maju mencalonkan diri mewakili masyarakat Surabaya-Sidoarjo di DPR RI.

Fandi Utomo juga kampanye agar masyarakat kembali ke PKB sesuai dengan apa yang dipesankan oleh Kiai Ma’ruf Amin. Ia mengajak masyarakat untuk bersatu memilih Kiai Ma’ruf yang maju bersama Jokowi sebagai pasangan di Pilpres 2019.

Sehingga ke depan jika Jokowi-Ma’ruf terpilih sebagai pasangan presiden dan wakil presiden RI, dan PKB menang dalam Pileg, pengawalan kebijakan dan posisi di pemerintahan akan semakin kuat. [ifw/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar