Politik Pemerintahan

Pilkada Jember 2020: Faida Nomor 1, Hendy Nomor 2, Salam Nomor 3

Jember (beritajatim.com) – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember, Jawa Timur, menggelar rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon peserta pemilihan kepala daerah, di Hotel Cempaka, Kamis (24/9/2020) malam.

Acara itu digelar dengan mengikuti protokol kesehatan. Selain diikuti oleh tiga pasangan calon, rapat pleno anya diikuti komisioner KPU, perwakilan Badan Pengawas Pemilu Jember, dan satu orang penghubung dari masing-masing calon. Satu orang tamu adalah komisioner KPU Jatim Miftahul Rozak.

Tak ada kemeriahan sebagaimana pengundian pada pilkada lima tahun silam. Pandemi Covid membuat tak ada satu pun pendukung dan penggembira yang hadir. Masyarakat mengikuti melalui siaran langsung stasiun televisi lokal.

Dari pengundian tersebut, pasangan Faida dan Dwi Arya Nugraha Oktavianto nomor urut 1. Pasangan Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun Barlaman mendapatkan nomor urut 2. Pasangan Abdus Salam dan Ifan Ariadna mendapatkan nomor urut 3.

Miftahur Rozaq dalam sambutannya mengatakan, kesuksesan pilkada adalah kesuksesan masyarakat Jember. “Di Jatim adalah 42 pasangan calon dalam pemilihan serentak di 19 kabupaten dan kota,” katanya.

Rozaq meminta pasangan calon memperhatikan protokol kesehatan yang menjadi ketentuan regulasi KPU. “Tahapan selanjutnya akan dimulai pada 26 September yakni tahapan kampanye selama 71 hari,” katanya.

Rozaq yakin tingkat partisipasi pemilih di Jember bisa mendekati target 77,5 persen. Ini menjadi tanggung jawab semua pemangku kepentingan di Jember. Namun ia mengingatkan agar pilkada dilaksanakan dengan penuh integritas, akuntabilitas, dan transparansi. (wir/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar