Politik Pemerintahan

ESDM Pastikan Pasokan BBM dan Elpiji Aman di Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Pemprov Jatim melalui Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan LPG di Jatim selama Ramadan hingga lebaran aman. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dan melakukan penimbunan.

Kadis ESDM Provinsi Jatim, Setiajit kepada wartawan di kantornya, Jumat (24/5/2019) mengatakan, pasokan LPG, bensin, hingga solar di Jatim cukup hingga Idul Fitri 1440 H mendatang.

Berdasarkan data ESDM Jatim, total suplai BBM untuk jenis premium di Jatim tersedia suplai sebanyak 223.532 kilo liter.

Sedangkan untuk solar stoknya mencapai 196.924 kilo liter, lalu untuk biosolar ada sebanyak 8.606 kilo liter, untuk pertamax suplainya sebanyak 201.912 kilo liter dan untuk pertamax turbo sebanyak 4.776 kilo liter. Kemudian, untuk suplai BBM jenis dex sebesar 5.914 kilo liter.

Meski penggunaan BBM selama bulan puasa dan lebaran diprediksi ada kenaikan sebesar 10-15 persen, dengan stok suplai tersebut masih aman dan dijamin tidak ada kelangkaan BBM.

Begitu juga dengan suplai LPG. Berdasarkan data ESDM Jatim, saat ini untuk suplai LPG ada sebesar 119.200 matric ton dengan penyaluran per hari 3.820 hingga 4.340 matric ton.

Setiajit menegaskan, untuk ketersediaan BBM di Jawa Timur di bulan puasa hingga lebaran sudah terkendali. Dari data ketersedian suplai BBM tersebut sudah termasuk antisipasi kenaikan kebutuhan rata-rata masyarakat Jatim. (tok/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar