Politik Pemerintahan

Erick Thohir: Jokowi Diterpa Berbagai Fitnah

Jakarta (beritajatim.com) – Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja Erick Thohir mengajak masyarakat untuk lebih mewaspadai isu dan fitnah yang akan disebarkan ke masyarakat menjelang Pemilu 2019.

Menurut Erick, setidaknya terdapat 10 topik yang kebanyakan berisi fitnah dan berita bohong yang akan masif beredar. Di antaranya adalah isu komunisme, kriminalisasi ulama, utang luar negeri, tenaga kerja asing, dan pengangguran.

“Sepanjang tahun 2018, pasangan calon presiden Joko Widodo diterpa berbagai fitnah, berita bohong, pernyataan kebencian, dan sejenisnya. Publik juga dibanjiri dengan informasi-informasi palsu yang menyesatkan dan merusak akal sehat,” kata Erick melalui pernyataan tertulisnya, hari ini.

Dia menambahkan, berdasarkan informasi dan data yang diterima oleh Tim Kampanye Nasional, hoax dan informasi palsu ini sudah masuk pada taraf membahayakan. Oleh karena itu Erick mengajak para kepala daerah, pimpinan TNI dan Polri di wilayah-wilayah yang rentan terhadap berita-berita fitnah dan berita bohong/palsu untuk lebih mewaspadai gerakan-gerakan semacam ini.

“Kami menengarai ada skenario yang direncanakan dan disusun secara sistematis yang membuat situasi menjadi panas,” kata Erick.

Dia menegaskan akan melakukan pembaruan mingguan terkait maraknya berita fitnah tersebut dan menyampaikannya kepada masyarakat luas, sehingga menjadi lebih waspada.

Gerakan menangkal fitnah ini akan terus digelorakan setiap pekan untuk mengingatkan publik soal bahaya dan ancaman fitnah. “Kami akan melaporkan bagaimana perkembangan dan isu terbaru terkait maraknya hoax ini di berbagai daerah, termasuk temuan-temuan di berbagai daerah dan analisis-analisis terbarunya,” kata Erick. [hen/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar