Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Eri Cahyadi-Achmad Fauzi, Kader Muda PDIP Dinilai Layak Maju Pilgub Jatim

Surabaya (beritajatim.com) – Dua kader muda PDI Perjuangan Jawa Timur, Eri Cahyadi yang kini menjabat sebagai Wali Kota Surabaya dan Achmad Fauzi selaku Bupati Sumenep memiliki potensi kuat untuk maju di Pilgub Jatim 2024. Hal ini terpotret dari hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) terbaru.

Dalam simulasi tokoh muda yang dicalonkan sebagai Gubernur-Wakil Gubernur, keduanya muncul dalam lima besar. Elektabilitas Eri Cahyadi mencapai 4,25 persen dan Achmad Fauzi 2,08 persen. Ia bersanding dengan Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak 14,6 persen.

“Pak Eri dan Pak Fauzi ini memiliki potensi utnuk naik level ke Jawa Timur, tinggal bagaimana mereka memanfaatkan peluang ini,” kata Direktur ARCI, Baihaki Sirajt, dikonfirmasi media, Senin, (25/7/2022).


Menurut Baihaki, di luar Surabaya, nama Eri Cahyadi cukup kuat di daerah Pandalungan. Sedangkan Achmad Fauzi sangat dominan di Pulau Madura.

Bahkan Achmad Fauzi menjadi satu-satunya kepala daerah asal Madura yang masuk dalam bursa calon peserta Pilkada Jatim. Nama Achmad Fauzi juga santer dikenal oleh masyarakat Mataraman.

“Responden di luar Madura sudah banyak yang mengenal Achmad Fauzi. Di wilayah Mataraman juga sudah banyak yang mengenalinya, selain nama Heru Tjahjono mantan Bupati Tulungagung dua periode yang lebih populer. Ini tentu menjadi nilai plus bagi yang bersangkutan, akan tetapi perlu kerja ekstra,” jelasnya.

Baihaki menjelaskan, ada sejumlah faktor yang menunjang dua kepala daerah itu dikenal luas masyarakat Jatim, di antaranya, kinerja yang cemerlang sejak menjadi kepala daerah.

Ia lantas mencontohkan tingkat kepuasan masyarakat Sumenep terhadap kinerja Achmad Fauzi yang cukup tinggi hingga saat ini.

“Pak Fauzi ini sukses membawa perubahan yang positif bagi Sumenep.  Contohnya di sektor pariwisata itu sangat dirasakan oleh masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan hal lain yang ikut mendogkrak elektabilitas mereka, kata Baihaki, keduanya sama-sama muda serta memiliki kepribadian yang humble, suka berbaur dan turun langsung menyapa warganya.

Khusus Achmad Fauzi, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumenep itu cukup gampang dikenali masyarakat, karena identik dengan blangkon yang selalu menempel di kepalanya dalam setiap kesempatan.

Menurut Baihaki, peluang Eri Cahyadi dan Fauzi untuk meningkatkan elektabilitasnya masih terbuka lebar. Pasalnya, selama ini keduanya dikenal sering turun ke grassroot. Program kerja mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Jika punya prestasi dan program kerja yang bagus, maka elektabilitasnya bisa menanjak. Ini karena masyarakat suka dengan pemimpin yang merakyat dan bisa mengatasi masalah di wilayahnya,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, survei ARCI dilakukan pada 25 Juni-10 Juli 2022. ARCI menggunakan metodologi multistage random sampling dengan 1.200 responden. Margin of error survei ini kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [tok/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev