Politik Pemerintahan

Enaknya Dbox Crispy Pisang Olahan Toyibatur Lumajang

Lumajang (beritajatim.com) – Kabupaten Lumajang memang memiliki potensi jenis pisang luar biasa. Hal inilah yang membuat Toyibatur Rochma, warga Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian melirik bisnis olahan bukan hanya pada buah pisang tetapi pada pelepah pisangnya.

Olahan pisang biasanya dibuat keripik dan selai. Toyibatur melirik gedebog atau pelepah pisang bisa menjadi makanan yang enak diberi nama Dbox Crispy.

Dengan berbekal beberapa kali percobaan dan informasi dari internet. Toyibatur berhasil membuat makanan dengan bahan dasar gedebog. Itupun dilakukan beberapa kali uji coba untuk bisa menghasilkan makanan dari gedebog pisang.

“Beberapa kali dicoba dan akhirnya bisa,” ujarnya pada¬†beritajatim.com, Kamis (19/11/2020).

Masih kata dia, Awal ketertarikan olahan ini dari melihat banyak batang pohon pisang yang terbuang.Dia melihat batang pisang terbuang percuma oleh petani usai panen buahnya.

“Saya dapat cerita jika mulai dari akar dan batangnya bisa diolah oleh orang dulu,” jelasnya.

Dari penasaran dan mencari literasi untuk tertantang untuk mengolahnya menjadi sebuah makanan. Dirinya beberapa kali melakukan eksperimen dan beberapa kali gagal, namun berkat informasi yang diperoleh dari buku dan internet akhirnya berhasil memperoleh resep yang pas.

“Saya merasa tertantang untuk bagaimana mengolah itu juga menjadi makanan,” terangnya.

Batang pisang dari berbagai literasi memiliki kandungan serat dan antioksidan. Batang pisang diolah menjadi crispy dengan dipadukan dengan tepung menjadi makanan khas oleh-oleh Lumajang.

Keripik gedebognya diberi nama Dbox Crispy itu, sekarang sudah mulai dikenalkan kepada masyarakat luas. Berkat kegigihan Toyibatur, sekarang gedebog yang semula tidak memiliki nilai ekonomis, berhasil mencuri perhatian seluruh kalangan masyarakat.

Harga satu bungkus Dbox Crispy Rp 10 ribu. Pemesan mulai terus mengalir baik dalam kota dan luar kota meski di tengah pandemi. “Ada yang COD dan pemesan online melalui Facebook, Instagram saya,” ungkapnya.

Toyibayur Rochmah tidak hanya memproduksi Pisang Crispy, tetapi juga ada Tapai Pisang dan Peyek Pisang. Berbagai produk hasil olahan pisang mudah ditemukan di pusat oleh-oleh Kabupaten Lumajang, baik di tengah maupun di pinggiran kota. Untuk pemesanan langsung bisa hubungi : 081654919111. (adv/har)





Apa Reaksi Anda?

Komentar