Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Konfercab NU XXI

Empat Warga NU Sidoarjo Bersaing dalam Pencalonan Ketua Tanfidziyah

Sidoarjo (beritajatim.com) – Empat warga NU Sidoarjo bakal bersaing dalam pencalonan Ketua Tanfidziyah di Konferensi Cabang (Konfercab) NU XXI Kab. Sidoarjo Minggu (28/11/2021) mendatang.

Empat calon Ketua Tanfidziyah PCNU Kab. Sidoarjo periode 2021-2026, yang kini sudah menggalang suara tersebut, yakni H. Maskhun (incumbent), HM. Zainal Abidin (wakil ketua), H Achmad Khoiry Mahfudz (wakil ketua) dan HM Sugiono (Ketua MWC Porong).

Selain memilih Ketua Tanfidziyah (pelaksana harian), nanti di Konfercab NU XXl Kab. Sidoarjo juga akan melakukan pemilihan Rois Syuriah NU Kab. Sidoarjo periode 2021-2026 dengan sistem ahwa.

Panitia Konfercab NU Sidoarjo sudah menyiapkan strategi khusus terkait penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam pelaksanaan acara tersebut.

“Pelaksanaannya secara hybrid. Jadi peserta konfercab datang ke lokasi acara hanya saat pemilihan saja. Itupun dengan cara drive thru yang akan diatur secara ketat,” kata Ketua Panitia Konfercab PC NU Sidoarjo Drs H Arly Fauzi, MH Kamis (25/11/2021).

Arly Fauzi menjelaskan, acara tersebut akan diikuti sekitar 1.000 orang. Mereka adalah 36 pengurus NU dari tiap-tiap kecamatan. Yang terbanyak adalah utusan dari desa yang mencapai 764 orang. Dimana setiap Ranting NU berhak mengirimkan dua orang pengurusnya.

“Jumlah itu akan ditambah sekitar 50 orang anggota Panitia pelaksana Konfercab serta Pengurus Cabang (PC) NU Sidoarjo yang memiliki hak suara. Acara yang akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat,” tegasnya.

Masih kata mantan Ketua DPRD Kab. Sidoarjo periode 2004-2009 itu, dalam Konfercab NU XXI Kab. Sidoarjo dalam pemilihan Ketua Tanfidziyah.

Untuk memilih pengurus Rois Syuriah menggunakan sistem Ahwa. Dimana nantinya dari semua calon yang diajukan akan dipilih 5 kiai yang mendapat suara terbanyak sesuai tabulasi yang ada.

Sedangkan dalam pemilihan Ketua Tanfidziyah menggunakan dua tahap pemilihan yakni pra calon dan kemudian pemilihan akhir.

“Untuk masuk tahap pemilihan akhir, pra calon yang masuk minimal mendapat dukungan 99 suara dari peserta konfercab dan harus memperoleh persetujuan dari 5 rois terpilih,” jelasnya menutup. (isa/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati