Politik Pemerintahan

Empat Pimpinan DPRD Sumenep Dilantik, Dua Wajah Lama

Pengucapan sumpah dan janji pimpinan DPRD Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Empat pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep, Madura, Jawa Timur, masa jabatan 2019 – 2024 resmi ditetapkan. Penetapan tersebut dilakukan dalam rapat paripurna dengan agenda pengucapan sumpah dan janji pada Senin (23/09/2019).

Dalam rapat paripurna tersebut, Sekretaris DPRD Sumenep, Sustono, membacakan petikan SK Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Sumenep 2019-2024.

Dalam SK itu disebutkan bahwa empat anggota DPRD yang diangkat sebagai pimpinan dewan adalah Abdul Hamid Ali Munir dari PKB sebagai Ketua, Indra Wahyudi dari Partai Demokrat, K. Ahmad Salim dari PPP dan Faisal Muhlis dari PAN, masing masing sebagai wakil ketua.

Dua nama yang disebut terakhir, yakni K. Ahmad Salim dari PPP dan Faisal Muhlis dari PAN merupakan ‘orang lama’ yang telah menduduki jabatan yang sama dalam lima tahun periode sebelumnya.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Sumenep definitif, K. Abdul Hamid Ali Munir menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diamanatkan kepada dirinya. Ia berkomitmen untuk melaksanakan tugas sepenuh hati.

“Posisi terhormat sebagai Ketua DPRD bukanlah sekedar jabatan maupun kedudukan, melainkan sebuah amanah dan tanggungjawab besar untuk mewujudkan Sumenep lebih maju, sejahtera dan bermartabat,” ucapnya.

Ia berjanji akan melibatkan seluruh elemen politik, termasuk membuka kerjasama yang lebih harmonis. Baginya, lembaga DPRD harus menjadi simbol terwujudnya cita-cita masyarakat Sumenep.

“Kalaupun ada perbedaan, bukan dengan mempertajam perbedaan itu, tetapi justru harus mencari persamaan. Kami terbuka dalam membuka ruang menjalin kerjasama,” ujarmya.

Hamid memaparkan, nantinya DPRD harus menjadi lembaga wakil rakyat yang representatif, harmonis dan produktif. Karena itu, ia berjanji akan memperkuat tiga fungsi dasar wakil rakyat.

“Fungsi legislasi, pengawasan, dan fungsi anggaran harus kita perkuat,” imbuhnya.

Sementara Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menyampaikan apresiasi atas dikukuhkannya pimpinan DPRD Sumenep. Pihaknya meyakini, mereka yang terpilih sebagai pimpinan merupakan kader terbaik di partai masing masing.

“Saya yakin, mereka yang terpilih sebagai pucuk pimpinan dewan ini, adalah kader terbaik di partainya masing-masing. Sehingga layak dan pantas mengemban amanah tersebut,” ujarnya. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar