Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Empat CJH Tak Ikut Berangkat Kloter 1, Termasuk Wabup Tuban

Bupati Tuban bersama Forkimpda Tuban saat melakukan pemberangkatan CJH Tuban 2022

Tuban (beritajatim.com) – Ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Tuban yang masuk dalam peberangkatan gelombang pertama yakni kelompok terbang (Kloter) 1 sudah diberangkatkan secara simbolis oleh Bupati Tuban bersama jajaran Fokopimda Tuban, Jumat (3/5/2022).

Pemberangkatan Calon Jemaah Haji asal Kabupaten Tuban tersebut secara simbolis dilakukan di depan Pendopo Krido Manunggal Tuban. Dari total CJH yang yang masuk dalam daftar keberangkatan terdapat 4 orang CJH yang keberangkatannya harus ditunda, termasuk salah satunya Wakil Bupati Tuban (Wabup).

Data yang dihimpun beritajatim.com, dari total CJH Kabupaten Tuban yang masuk dalam daftar keberangkatan tahun 2022 itu sebanyak 593 orang. Adapun yang berangkat pada Kloter pertama hari sebanyak 446 orang CJH dari sebanyak 450 orang CJH yang seharusnya berangkat hari ini.

“Untuk kloter pertama yang belum berangkat berangkat ada 4 orang,” terang Ahmad Munir, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban.

Adapun untuk CJH asal Kabupaten Tuban yang ikut dalam kloter kedua jumlahnya sebanyak 143 orang. Yang mana calon jemaah tersebut akan diberangkat pada hari Sabtu (4/6/2022) pukul 08.30 Wib dari Pendopo Krido Manunggal Tuban.

Dalam kesempatan setelah pemberangkatan Calon Jemaah Haji itu, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky menyatakan bahwa dari ke empat CJH yang keberangkatannya tertunda adalah Wakil Bupati Tuban, Riyadi. Karena kendala administrasi Wabup belum bisa berangkat bersama CJH kloter pertama itu.

Calon Jemaah Haji Tuban saat sedang berangkat dari Tuban.

“Tadi diinformasikan ada empat jemaah yang belum berangkat, salah satunya adalah Pak Wabup. Jadi kalau pak Wabup ini masih menunggu administrasinya sudah turun,” terang Aditya Halindra Faridzky, Bupati Tuban saat dikonfirmasi terkait keberangkatan haji tersebut.

Lindra menyampaikan bahwa SK untuk Wakil Bupati Tuban dan satu orang lainnya tersebut sudah turun. Sehingga saat ini masih menunggu pengajuan cuti karena Wakil Bupati Tuban sebagai pejabat publik dan dan harus ijin kepada mendagri.

“Alhamdulillah SKnya sudah turun dan dua orang ini tinggal menungu kita ajukan untuk cuti, karena Pak Wabup sebagai pejabat publik harus kita ijin kepada Mendagri. Dan Isya Allah semua akan berjalan lancar,” lanjutnya.

Sementara itu, untuk dua orang CJH Tuban lainnya yang harus terpending keberangkatannya itu satu orang karena berdasarkan hasil tes positif Covid-19. Sedangkan untuk satu orang lainnya karena habis menjalani operasi dan saat ini masih dalam masa pemulihan.

“Untuk yang positif itu masih dalam isoman, kurang tiga hari nanti kita akan lakukan tes lagi, kalau sudah negatif Insya Allah akan tetap bisa berangkat. Nanti kita lihat apakah ikut kloter kedua atau ada kebijakan khusus, kita nunggu hasilnya, yang penting akan tetap berangkat,” pungkasnya.[mut/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar