Politik Pemerintahan

Emil Dardak: Lingkar Wilis Terealisasi Tahun 2022

Madiun (beritajatim.com) – Jalan Lingkar Wilis yang digadang–gadang akan menjadi destinasi andalan di Jawa Timur diharapkan akan selesai pada tahun 2022 mendatang. Langkah pertama yang dilakukan kepemimpinan baru Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Dardak adalah dengan menyusun RPJMD provinsi Jatim yang isinya memperjelas trase atau sumbu jalan.

Langkah itu diambil karena saat ini Pemprov masih menunggu konfirmasi dengan Pemkab Kediri. Sebab Pemkab Kediri menginginkan jangan sampai sungainya terpotong.

‘’Setelah trase ini fix, Pemprov Jatim akan mengusulkan benar-benar pendanaan yang komprehensif,’’ kata Emil Dardak setelah melakukan kunjungan kerja di gedung Bakorwil Madiun, Selasa (26/2/2019).

Mantan Bupati Kabupaten Trenggalek ini mengungkapkan, Lingkar Wilis panjangnya 200-300 kilometer. Bukan hanya lingkarnya saja, yang terpenting juga jalan-jalan siripnya.

Pemprov Jatim berharap ada dukungan dari Pemerintahan Pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang tidak hanya selesai dalam satu tahun tapi yang berkesinambungan. ‘’Kita bagi tugas, lingkarnya siapa dan jalan siripnya siapa. Tetapi DAK ini terkendala oleh aturan yang tidak bisa diberikan di ruas yang sama selama dua tahun berturut-turut,’’ katanya.

Dan untuk mensiasati hal tersebut, caranya dengan membuat konsep DAK penugasan. Namun DAK penugasan tersebut harus ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2019-2024. Dan itu harus segera dimasukkan karena dalam proses penyusunan.

‘’Jadi saya ulangi lagi, trase ini merupakan titik awal yang mutlak dibutuhkan,’’ pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar